Laga-laga Kandang Gibraltar Akan Tetap Dilangsungkan di Portugal

19

Asosiasi Sepakbola Gibraltar telah mengkonfirmasi bahwa Estadio do Algarve di kota Faro, Portugal, akan terus menjadi sebagai tempat untuk laga-laga kandang mereka di kualifikasi Euro 2016. Gibraltar saat ini menjadi juru kunci Grup D penyisihan Euro 2016 setelah mengalami kekalahan berat terhadap Polandia, Republik Irlandia dan Georgia. GFA telah mengungkapkan pada halaman resmi Facebook mereka bahwa masalah keuangan dan […]

Liga Inggris Piala Eropa  - Laga-laga Kandang Gibraltar Akan Tetap Dilangsungkan di Portugal

Asosiasi Sepakbola Gibraltar telah mengkonfirmasi bahwa Estadio do Algarve di kota Faro, Portugal, akan terus menjadi sebagai tempat untuk laga-laga kandang mereka di kualifikasi Euro 2016.

Gibraltar saat ini menjadi juru kunci Grup D penyisihan Euro 2016 setelah mengalami kekalahan berat terhadap Polandia, Republik Irlandia dan Georgia.

GFA telah mengungkapkan pada halaman resmi Facebook mereka bahwa masalah keuangan dan keamanan atas penggunaan stadion itu kini telah diselesaikan.

Sebelum ini ada desas-desus pertandingan kandang akan dimainkan di London, Inggris, tapi GFA kini telah mengkonfirmasi tim akan terus menggunakan Estadio do Algarve, dengan semua laga berikutnya di tahun 2015 melawan Jerman (13 Juni), Irlandia (4 September) dan Skotlandia (11 Oktober).

Portugal sebenarnya bukan negara terdekat Gibraltar. Tapi mereka tidak mungkin berkandang di stadion mana pun di Spanyol yang lebih dekat karena sikap resmi pemerintah negeri matador itu adalah bermusuhan dengan mereka.

Spanyol mengganjal dengan sekuat hati lamaran keanggotaan Gibraltar pada sidang UEFA tahun 1999 dan 2007.

Namun satu keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga di tahun 2013 mengharuskan UEFA menerima keanggotaan mereka. Dan sejak 2013 Gibraltar pun resmi menjadi anggota terbaru UEFA.

Mengapa Spanyol mengganjal keanggotaan Gibraltar? Karena wilayah berbatu karang di ujung selatan wilayah Spanyol itu, berseberangan dengan benua Afrika, adalah wilayah jajahan Inggris di dalam wilayah Spanyol.

Saking kecilnya negara ini, hanya berpenduduk 29.000 orang saja (setara dengan jumlah penduduk satu kecamatan di Jakarta Selatan) sampai-sampai mereka tidak punya pemain profesional sepakbola. Anggota tim nasional merangkap profesi lainnya.

Dalam skuad yang mereka turunkan terdapat orang-orang dari berbagai profesi mulai dari polisi, kurir,pemadam kebakaran, pegawai bea cukai, mekanik listrik dan beragam profesi  lainnya.

Liga Inggris Piala Eropa  - Laga-laga Kandang Gibraltar Akan Tetap Dilangsungkan di Portugal