Legenda Manchester United Terbitkan Otobiografi

Kaum selebriti Inggris dan seluruh dunia bermunculan saat peluncuran otobiografi Rio Ferdinand pada Kamis malam. Legenda tenis Boris Becker, pemain rugby Inggris Ugo Monye dan komedian Jack Whitehall dan Micky Flanagan berada di antara bintang-bintang yang hadir di Mayfair Hotel di West End London. Saudara Ferdinand, Anton, juga terlihat hadir pada saat peluncuran buku bertajuk #2sides […]

Liga Inggris  - Legenda Manchester United Terbitkan Otobiografi

Kaum selebriti Inggris dan seluruh dunia bermunculan saat peluncuran otobiografi Rio Ferdinand pada Kamis malam.

Legenda tenis Boris Becker, pemain rugby Inggris Ugo Monye dan komedian Jack Whitehall dan Micky Flanagan berada di antara bintang-bintang yang hadir di Mayfair Hotel di West End London.

Saudara Ferdinand, Anton, juga terlihat hadir pada saat peluncuran buku bertajuk #2sides itu. Bek Reading itu sebelumnya pernah terlibat dalam sebuah kasus cekcok di tengah lapangan dengan kapten Chelsea John Terry yang berujung pada satu umpatan rasial dari mulut Terry.

Kasus itu kemudian sampai ke depan pengadilan dan menyita perhatian banyak media. Namun pengadilan membersihkan nama sang kapten Chelsea dari tudingan penghinaan rasial atas diri sang bek tengah Queens Park Rangers itu.

Rio dalam memoarnya itu mengkritik organisasi Kick It Out yang mengkampanyekan sikap anti-rasisme.Menurut Rio, organisasi itu  gagal untuk mendukung saudara laki-lakinya dalam kasus rasial menghadapi kapten John Terry.

Namun Herman Ouseley dari Kick It Out mengatakan, Ferdinand telah memberlakukan organisasinya sebagai ‘sasaran tembak’.

Tapi Ferdinand berkata: “Saya tidak punya permusuhan pribadi (dengan dia). Dia bisa mengatakan apa yang dia inginkan, saya tidak terganggu oleh apa yang dia katakan.”

“Ada kesempatan bagi Kick It Out untuk berdiri dan bersuara dan dilihat (publik), namun mereka tidak melakukannya.”

Liga Inggris  - Legenda Manchester United Terbitkan Otobiografi

Dalam bukunya itu Rio ‘mempermalukan’ beberapa figur terkenal di Liga Inggris, di antaranya mantan manajer David Moyes.

“Ia mencoba untuk menciptakan sebuah visi, namun visinya tak jelas seperti apa,” kata Rio Ferdinand.  “Secara tidak sengaja, ia menciptakan energi negatif di sini. Dengan Fergie, rasanya selalu positif. Kami selalu diajarkan untuk menghentikan tim lawan. Moyes ingin kami tidak kalah. Kami selalu dipaksa bermain untuk menang.”

“Inovasi Moyes justru membawa kami pada hal negatif dan kebingungan. Kebingungan terbesar adalah bagaimana ia ingin kami menyalurkan bola ke depan. Ia sering mengatakan bahwa kami harus bermain jauh. Bahkan beberapa pemain merasa mereka menendang bola terjauh sepanjang karir mereka.”

“Terkadang taktik utama kami adalah umpan jauh, tinggi, dan silang. Itu memalukan. Dalam suatu pertandingan kandang menghadapi Fulham, kami mencetak 81 umpan. Saya berpikir, kenapa kami melakukan ini? Andy Carroll tidak bermain bersama kami!”

“Yang lainnya pun terasa aneh. Suatu ketika Moyes ingin kami melakukan banyak operan. Ia mengatakan: ‘Hari ini saya ingin kita melakukan 600 kali operan di pertandingan. Pekan lalu hanya 400′. Siapa yang peduli? Saya lebih baik mencetak 5 gol dari 10 operan.”

Figur lain yang kena sindir adalah Wayne Rooney.

“Saya selalu mendapat kesan Wayne Rooney sebagai seorang pemuda sangat pemarah, selalu berdebat dengan orang-orang di luar tempat latihan, khususnya melalui telepon.”

“Dia tampaknya selalu gampang murka untuk hal-hal kecil dan menyampaikan amarahnya itu melalui ponsel dengan mudahnya.”

“Ketika merasa frustrasi, Rooney menghancurkan ponsel, dilempar ke dinding.”

“Saya tidak tahu apa yang terjadi tapi dia tampak tenang sekarang.”