Premier League Manjakan 70% Pemain Asing Dengan Gaji Besar

Berita Bola, Liga Inggris – Ternyata ada 70 persen pemain asing yang menikmati pembayaran gaji selangit di Liga Inggris dibandingkan pemain lokal.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini
Jadwal Liga Inggris

Berita Bola, Liga Inggris – Ternyata ada 70 persen pemain asing yang menikmati pembayaran gaji selangit di Liga Inggris dibandingkan pemain lokal.

Liga Inggris unggul dalam perihal pembayaran gaji pemain, dimana terpaut lebih dari dua kali dari liga top lainnya. Hal tersebut diperoleh berdasarkan laporan UEFA perihal pembayaran gaji di sepanjang tahun finansial 2015.

Totalnya klub-klub Liga Inggris menghabiskan dana sebesar Rp 38 triliun, dengan rata-rata setiap klub membayar gaji Rp 1,9 triliun selama satu tahun.

Ternyata nilai tersebut lebih besar dua kali lipat dibandingkan liga lainnya yang ada di belakang Liga Inggris, Liga Italia yang hanya ‘membuang’ Rp 18 triliun dan rata-rata klub Liga Italia membayar Rp 926 miliar sepanjang tahun 2015.

Akan tetapi lonjakan tinggi Liga Inggris tersebut lebih disebabkan menguatnya mata uang poundsterling dari euro yang menjadi mata uang kebanyakan negara-negara Eropa.

Liga Jerman mesti puas di peringkat ketiga dengan total gaji sebesar Rp 17,7 triliun namun rata-rata setiap klub Bundesliga menghabiskan Rp 983 miliar di 2015. Sedangkan Liga Spanyol menghabiskan sedikit di bawah Liga Italia dengan Rp 17,5 triliun dengan rataan Rp 975 miliar.

Perlu diingat bahwa Real Madrid dan FC Barcelona menjadi penyumbang dana terbesar dalam pembayaran gaji yang mencapai Rp 8,9 triliun.

Sedangkan dari pemain-pemain asing yang bermain di liga kasta tertinggi di asosiasi yang dikepalai UEFA, hampir 70 persen (atau tepatnya 69,2 persen) pemain di Liga Inggris ternyata bukan pemain lokal, namun mayoritas diisi pesepakbola dari Perancis dan Spanyol.

Di posisi kedua, meskipun Liga Siprus kurang dikenal di kuping orang Indonesia, namun nyatanya menarik 57,1 persen pesepakbola asing yang merumput di negara tersebut.

Liga Belgia ternyata masih diminati oleh pemain-pemain asing dengan rasio 55,8 persen dan diikuti oleh Liga Portugal yang berada di peringkat keempat dengan total pemain asing 55,6 persen.

Liga Italia ada di peringkat kelima dengan 55,5 persen, sementara Liga Skotlandia memperbolehkan 50,5 persen pemain asing bermain di kasta atas.

Uniknya, Divisi Championship Liga Inggris masuk ke peringkat keenam dengan 50,8 persen pemain asing, dan merupakan satu-satunya liga tingkat dua yang bisa masuk ke di 10 besar.

Sepakbola.cc