Liverpool Mungkin Akan Dihukum Oleh UEFA, Ini Alasannya

3

Tindakan Brendan Rodgers menurunkan tim kelas dua atau tim yang lebih lemah saat menghadapi tuan rumah Real Madrid, Rabu dinihari WIB, berbuntut panjang. UEFA kini tengah menyelidiki kemungkinan Liverpool melanggar aturan UEFA, yang mengharuskan semua tim menurunkan skuad terkuat mereka di sepanjang laga Liga Champions. Aturan 4.01, huruf d, jelas menyatakan bahwa semua tim yang […]

Liverpool Mungkin Akan Dihukum Oleh UEFA, Ini Alasannya - berita Liga Champions Liga Inggris

Tindakan Brendan Rodgers menurunkan tim kelas dua atau tim yang lebih lemah saat menghadapi tuan rumah Real Madrid, Rabu dinihari WIB, berbuntut panjang.

UEFA kini tengah menyelidiki kemungkinan Liverpool melanggar aturan UEFA, yang mengharuskan semua tim menurunkan skuad terkuat mereka di sepanjang laga Liga Champions.

Aturan 4.01, huruf d, jelas menyatakan bahwa semua tim yang bersaing di kompetisi klub utama Eropa itu diminta untuk menurunkan  tim terkuat mereka di seluruh tahapan kompetisi.

Bos Liverpool Brendan Rodgers mungkin akan terjerat aturan ini.

Liverpool Mungkin Akan Dihukum Oleh UEFA, Ini Alasannya - berita Liga Champions Liga Inggris

Rodgers meninggalkan anggota tim pertama mereka: Glen Johnson, Steven Gerrard, Jordan Henderson, Philippe Coutinho, Raheem Sterling dan Mario Balotelli di bangku cadangan, dan menurunkan skuad yang tampaknya menjadi sebuah tim yang secara signifikan melemah.

Diyakini Rodgers melakukan hal ini karena mempertimbangkan pertandingan Liga Premier Sabtu melawan Chelsea.

The Reds, yang mengakhiri musim lalu di tempat kedua Liga Utama Inggris, masih berjuang musim ini dan dikalahkan 1-0 oleh Newcastle United dalam laga tandang mereka, Sabtu lalu.

Namun keputusan Rodgers menurunkan tim lemah telah mengundang kritik keras di media sosial, dengan mantan striker Inggris Gary Lineker menyatakan starting line-up tim itu “tidak sesuai karakter Liverpool” dan bahwa mereka telah menyerah bahkan sebelum pertandingan dimulai.

Rodgers menyerang balik pensiunan striker itu dalam konferensi pasca-pertandingan pers. Sang pelatih asal Irlandia Utara mengatakan, “Gary adalah sosok yang saya hormati dan dia menjadi pemain top pada zamannya.”

“Tapi jelas dia tidak pernah menjadi seorang manajer, jadi dia tidak tahu apa yang Anda hadapi dengan perencanaan dan pelatihan.”

“Dalam hal pemilihan tim saya, saya tidak terganggu (kritik). Saya pergi dengan keberanian dan firasat saya bahwa kinerja pada Sabtu (saat kalah 1-0 dari Newcastle) tidak cukup baik.”

“Kami memiliki tujuh pertandingan dalam 21 hari dan karena kita tidak dapat berlatih lebih banyak lagi maka kita harus kreatif dalam permainan. Saya tidak melihat ini sebagai pertandingan besar di mana kami harus memainkan nama-nama besar.”

Liverpool dikalahkan 1-0 oleh juara Eropa berkuasa – Karim Benzema mencetak satu-satunya gol dari permainan di babak pertama – dan para pemain Rodgers yang dipilih tidak kagum oleh kesempatan.

Tapi banyak yang bertanya-tanya apakah Liverpool bisa mencapai hasil positif memiliki pemain terbaik mereka berada di lapangan.

Sekarang tinggal UEFA yang akan memutuskan apakah akan menjatuhkan hukuman resmi terhadap Liverpool, yang tengah menghadapi perjuangan yang berat untuk lolos ke  putaran Liga Champions berikutnya, menyusul kekalahan kontroversial mereka.