Mereka yang Sedih Ditinggal Van Gaal

Berita Bola — Ada pemain yang senang, tapi tidak sedikit pula yang sedih atas kepergian Louis van Gaal. Manajer asal Belanda itu dipecat hanya 48 jam setelah ia berhasil membawa Manchester United meraih trofi Piala FA Sabtu (21/5).

Berita Bola — Ada pemain yang senang, tapi tidak sedikit pula yang sedih atas kepergian Louis van Gaal. Manajer asal Belanda itu dipecat hanya 48 jam setelah ia berhasil membawa Manchester United meraih trofi Piala FA Sabtu (21/5).

Pemecatan Van Gaal sebenarnya bukan karena dia dianggap gagal membawa Setan Merah di ajang Premier League. Tapi lebih karena alasan non teknis. Kabarnya, keberadaan dia sudah membuat suasana di ruang ganti MU tak kondusif lagi.

Dikabarkan bahwa sebagian besar pemain senior sudah tidak menyukai filosofi permainan dan gaya berlatih mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen tersebut. Mereka yang tidak suka itu diantaranya adalah Wayne Rooney, Michael Carrick dan David de Gea. Bahkan Carrick dan De Gea mengancam akan pindah jika sang manajer tetap dipertahankan.

Berbeda dengan pemain senior itu. Kepergian Van Gaal justru meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi para punggawa muda Setan Merah. Hal itu bisa dimaklumi. Di bawah asuhan pria Belanda tersebut, pemain-pemain muda MU banyak mendapatkan kesempatan bermain di tim utama.

Selama dua musim menjadi manajer MU, Van Gaal memang memberi kesempatan kepada banyak pemain muda untuk menembus tim utama. Mereka yang dipromosikannya antara lain Marcus Rashford, Cameron Borthwick-Jackson, Timothy Fosu-Mensah, Paddy McNair, dan lain-lain.

Yang paling menonjol adalah Rashford. Pemain 18 tahun, mencetak delapan gol pada musim ini dan jadi andalan baru di lini depan The Red Devils. Berkat performa apiknya itu, dia sekarang masuk timnas Inggris.

Menurut mantan bek kawakan MU, Jonny Evans, pemecatan Van Gaal merupakan sebuah pukulan berat dan kehilangan besar bagi pemain-pemain muda. Para pemain itu kini kembali pada situasi tidak menentu apakah akan tetap dimainkan oleh manajer baru mereka nanti.

“Saya senang Van Gaal memenangi Piala FA. Saya pikir dia adalah pelatih yang sangat bagus dan saya senang melihat timnya memenangi sesuatu,” ujar mantan bek MU, Jonny Evans, kepada Sky Sports News HQ.

“Banyak pemain akan sedih melihatnya pergi, khususnya para pemain-pemain muda. Dia memasukkan banyak pemain muda ke dalam skuat dan memberi mereka kesempatan. Dia sangat berani dan sangat bagus melakukan hal itu,” tambahnya.

Sepakbola.cc