Manajer Hebat Spanyol Pindah ke Premier League

Manajer ini, yang membawa timnya lolos ke final Copa del Rey menantang Barcelona, pindah meniti karir di Premier League. Siapa dia?

Mauricio Pellegrino - Southampton
Mauricio Pellegrino - Southampton

Liga Inggris – Manajer ini hebat. Ia bukan saja membawa timnya lolos ke final Copa del Rey, tapi juga berhasil membawa timnya ke ranking No 9 di Liga Spanyol pada musim pertamanya.

Southampton baru saja menunjuk Mauricio Pellegrino, manajer hebat itu, sebagai pelatih barunya.

Pelatih asal Argentina berusia 45 tahun ini menggantikan Claude Puel, yang dipecat awal bulan ini setelah hanya satu musim bertugas di Stadion St Mary’s.

Pellegrino mengundurkan diri sebagai manajer Alaves pada akhir Mei, setelah kalah dalam final Copa del Rey melawan Barcelona dan finish di peringkat kesembilan di klasemen La Liga bersama klub yang baru saja promosi musim lalu.

“Filosofi saya dan budaya klub akan berjalan seiring,” kata Pellegrino, yang telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun.

“Saya ingin memenangkan pertandingan, menjadi sukses dan mengembangkan semangat tim di mana setiap orang memberi 100% dan saling mendukung satu sama lain.”

“Saya senang dan tidak sabar menjalani masa depan.”

Wakil ketua Southampton Les Reed mengatakan, mantan bek yang menjalani karir singkat di Liverpool itu “membuat kami terkesan dengan pengetahuan, motivasi, dan kemampuannya yang mendalam,” dan menambahkan bahwa dia “dengan cepat menjadi pilihan pertama kami”.

“Sementara dia memiliki pilihan lain, kami senang dia merasa bahwa St Mary’s adalah tempat yang tepat untuknya,” tambahnya.

Tapi siapakah Mauricio Pellegrino?

Pellegrino sebelumnya bekerja di Independiente dan Estudiantes di Argentina, bergabung dengan klub yang disebut terakhir itu setelah dipecat oleh Valencia – pekerjaan pertamanya sebagai pelatih – hanya setelah tujuh bulan.

Sebelum pengangkatannya oleh klub Spanyol tersebut pada Mei 2012, Pellegrino bekerja sebagai asisten pelatih Rafael Benitez di Liverpool (2008-2010) dan Inter Milan (2010).

Sebagai pemain, ia membuat 13 penampilan untuk Liverpool pada tahun 2005 setelah ditandatangani oleh Benitez. Ia juga bermain selama enam tahun bagi Valencia sejak tahun 1999.

Dia tiba di Valencia dari Velez Sarsfield, setelah menjalani masa pinjaman di Barcelona tahun sebelumnya.

Dia membuat tiga penampilan untuk timnas Argentina selama karir 16 tahunnya sebagai bek tengah yang berakhir di Alaves pada 2006.

Sepakbola.cc