Manchester City Butuh 10 Tahun Untuk Samai Barcelona, Bayern

  • Pep Guardiola mengaku Manchester City butuh waktu 10 tahun untuk menyamai level Barcelona, Real Madrid dan Bayern Munchen.

Pep Guardiola - Manchester City

Pep Guardiola mengakui bahwa perlu satu dekade penuh atau 10 tahun baginya untuk membangun Manchester City jika ingin menyamai level dua klub yang pernah dibesutnya, Barcelona dan Bayern Munchen.

Pelatih Catalan ini mengakhiri musim pertamanya di Etihad Stadium tanpa mempersembahkan satu gelar pun bagi Manchester City pada musim 2016/17 lalu. Ini untuk pertama sepanjang karirnya sebagai manajer, Gurdiola gagal meraih trofi juara.

Namun pelatih yang meraih banyak penghargaan ketika membesut Barcelona dan Bayern, mengklaim dia telah memperbaiki skuad The Citizens sejak menjadi manajer klub itu 12 bulan lalu, meski diakuinya hasil yang dicapai timnya masih jauh dari level yang diinginkan. Tapi dia percaya akan meraih hasil positif dalam musim keduanya di Stadion Etihad musim depan.

“Saya berharap bisa enjoy di sini seperti di musim pertama, karena saya menikmatinya,” kata Guardiola kepada L’Esportiu. “Ada orang yang mengatakan bahwa musim lalu tidak berjalan dengan baik, tapi ini adalah pengecualian dari apa yang telah saya lakukan sejauh ini – menjadi manajer tujuh tahun dan memenangi enam trofi liga.”

“City adalah tim yang hebat, tapi untuk sampai pada level Barcelona, ​​Real Madrid, Bayern Munchen, Juventus … sangat rumit. Anda butuh waktu, paling tidak satu dekade (10 tahun). Kami sedang berusaha membuat perubahan yang diperlukan untuk memperkuat tim. Ini adalah salah satu liga tertua, tim ini telah mencapai banyak keberhasilan tapi (pemainnya) sudah menua.”

“Kami telah melakukan peremajaan dengan memboyong Gabriel Jesus, Ilkay Gundogan dan Leroy Sane. Saya selalu berpikir apa yang akan terjadi jika kami memiliki Vincent Kompany, Gabriel Jesus dan Gundogan sepanjang tahun,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kompany yang menjadi pilar utama di lini pertahanan, lebih banyak absen musim lalu karena cedera. Gabriel Jesus yang didatangkan pada Januari 2017 sempat menunjukkan penampilan mengesankan di empat laga awalnya sebelum kemudian dibekap cedera parah. Demikian juga Gudogan yang absen sepanjang musim lalu karena cedera.

Guardiola telah merombak skuadnya musim panas ini dengan melepas lima pemain senior, dan telah membawa dua pemain baru sejauh ini, yaitu Bernardo Silva dan Ederson dengan total nilai transfer sebesar 77,5 juta poundsterling.