Berita Bola - Manchester City Gebuk Southampton, City Tempel Liverpool -

 

Manchester City meraih hasil sempurna dan kembali meramaikan perebutan gelar juara liga Inggris musim ini. Menjamu Southampton pada laga ke-31-nya, City menang telak 4-1 dan untuk sementara City menggeser Chelsea di posisi kedua dengan nilai 71.

Empat gol The Citizen dicetak oleh Yaya Torue (3′), Samir Nasri (45+1′), Edin Dzeko (45+3′), dan Stevan Jovetic (80′). Sementara satu gol balasan Southampton dicetak Ricky Lambert (36′).

Kemenangan ini sangat berarti untuk The Citizens. Selain menjaga peluang menjuarai Premier League, skuad besutan Pellegrini berhasil menekan pemuncak klasemen Premier League sementara Liverpool.

Minus Sergio Aguero yang masih cedera, Pellegrini menurunkan Edin Dzeko sebagai ujung tombak tim.  Southampton mengandalkan trio Rickie Lambert, Jay Rodriguez dan Adam Lallana untuk menggempur pertahanan City yang dijaga Vincent Kompany dan Martin Demichelis.

Di menit ketiga, saat Dzeko dijatuhkan Jose Fonte di kotak terlarang. Yaya Toure yang tampil mengeksekusi penalti, dengan baik menjalankan tugasnya. 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Manchester City.

Di menit 37 Soton membalas, Lambert yang tak pernah gagal mengeksekusi penalti, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Penalti berawal dari James Cork yang dijatuhkan Pablo Zabaleta.

Namun memasuki akhir babak pertama, gawang Paulo Gazzaniga dibobol dua kali masing masing oleh Samir Nasri dan Dzeko. Nasri bekerjasama dengan David Silva dan Yaya Toure. Selanjutnya, Nasri dengan mulus menceploskan bola kedalam gawang usai mendapat umpan Silva.

Dilanjutkan oleh gol Dzeko. Dzeko  menyundul bola hasil umpan silang Aleksandr Kolarov. Gazzaniga gagal menangkap bola, Dzeko dengan mudah menambah keunggulan City menjadi 3-1 dan menutup babak pertama.

Di babak kedua, Southampton tak mampu menciptakan banyak peluang. Di menit 81, Stevan Jovetic yang baru masuk ke lapangan menggantikan Silva, membuat Etihad Stadium kembali bersorak. Memanfaatkan umpan Jesus Navas di sisi kiri pertahanan The Saints, bola mengarah ke Jovetic yang tak terkawal dan dengan mudah ia menjebol gawang Soton. 4-1 The Citizen menutup pertandingan ini.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart, Zabaleta, Kompany (C), Demichelis, Kolarov, Navas, Fernandinho, Toure, Nasri, Silva, Dzeko
Cadangan: Pantilimon, Lescott, Richards, Garcia, Milner, Jovetic, Negredo

Southampton: Gazzaniga, Chambers, Fonte, Lovren, Shaw, Cork, Schneiderlin, S. Davis, Lallana (c), Rodriguez, Lambert
Cadangan: Cropper (GK), Clyne, Wanyama, Ward-Prowse, Guly, Hooiveld, Gallagher