Manchester City, Liverpool dan Arsenal Mungkin Harus Lakukan 1 Laga Ekstra

  • Manchester City, Liverpool dan Arsenal mungkin harus jalani 1 laga ekstra, game ke-39, jika poin dan selisih gol mereka sama. Emang mungkin? Mungkin saja!

Aguero Giroud

Liga Inggris –¬†Manchester City, Liverpool dan Arsenal menghadapi kemungkinan menjalani satu laga ekstra untuk menentukan siapa yang lolos Liga Champions musim depan.

Ketiga klub tersebut, yang menempati posisi ketiga sampai kelima di klasemen Liga Inggris, dipisahkan oleh selisih tiga poin saja menjelang pertandingan terakhir hari Minggu.

Namun selisih gol mereka, dan gol memasukkan, cukup dekat untuk bisa sampai pada skenario bahwa dua tim yang finish di urutan ketiga atau keempat dengan selisih gol dan nilai identik memerlukan pertandingan ekstra satu kali.

Tiga tim teratas akan lolos langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions, dengan tim urutan keempat menjalani babak play-off sebelumnya, sementara tim urutan kelima akan lolos langsung ke Liga Europa.

Liga Inggris  - Manchester City, Liverpool dan Arsenal Mungkin Harus Lakukan 1 Laga Ekstra
Klasemen Liga Inggris Top Five

Aturan Premier League menyatakan: “Jika pada akhir musim, baik untuk urusan juara liga maupun klub yang terdegradasi atau masalah kualifikasi untuk kompetisi lain, tidak dapat ditetapkan karena dua atau lebih klub sama poin, selisih gol dan gol memasukkan, maka klub-klub yang bersangkutan harus memainkan satu atau lebih pertandingan liga di tempat netral, dengan format, tempat dan waktu akan ditentukan kemudian oleh dewan direksi.”

Musim lalu, ada kemungkinan Liverpool dan West Ham finish identik dengan satu jatah Liga Europa diperebutkan.

Jadi, bagaimana caranya itu terjadi?

Manchester City vs Liverpool: Laga ekstra untuk tempat ketiga

Untuk sampai pada skenario ini, butuh hasil imbang dengan skor tinggi untuk Manchester City di Watford, sementara Liverpool menang besar atas tim terdegradasi Middlesbrough di Anfield.

Misalnya, hasil imbang 3-3 untuk City dan kemenangan 3-0 bagi Liverpool akan menghasilkan skenario ini, dengan kedua tim sama poin dan sama selisih gol untuk tempat ketiga (dan jatah terakhir lolos langsung penyisihan grup Liga Champions):

Liga Inggris  - Manchester City, Liverpool dan Arsenal Mungkin Harus Lakukan 1 Laga Ekstra

Kedua tim akan berada pada posisi sama kuat jika City bermain imbang 4-4 dan Liverpool menang 4-1, dan seterusnya.

Namun, Arsenal tidak bisa mempengaruhi skenario ini – bahkan dengan sebuah kemenangan pun, mereka bisa finish tidak lebih tinggi dari urutan kelima.

Manchester City vs Arsenal: Skenario malang untuk The Citizens?

Sebaliknya, kekalahan berat bagi Man City memunculkan momok sama poin dengan Arsenal.

Jika City sampai kalah 4-0 di Vicarage Road, dan Arsenal menang 1-0 melawan Everton, tim akan finis seperti ini:

Liga Inggris  - Manchester City, Liverpool dan Arsenal Mungkin Harus Lakukan 1 Laga Ekstra

Kemungkinan yang sama juga akan tercapai jika City kalah 5-1 dan Arsenal menang 2-1 – demikian seterusnya.

Apa yang membuat skenario ini lebih rumit lagi adalah bisa menghasilkan play-off untuk tempat ketiga/keempat jika Liverpool gagal mengalahkan Middlesbrough – atau play-off tempat keempat/kelima jika The Reds menang di Anfield.

Arsenal vs Liverpool: Perebutan tiket Liga Champions

Skenario terakhir – dan mungkin yang paling masuk akal dari ketiganya – akan memaksa Liverpool dan Arsenal berjuang untuk memperebutkan posisi keempat dalam laga paling berbahaya sejak mereka bertarung memperebutkan gelar pada hari terakhir musim 1988-89.

Jika Arsenal imbang 1-1 melawan Everton dan Liverpool kalah 2-0 dari Middlesbrough, inilah situasi sama-sama finish sama kuat di urutan keempat:

Liga Inggris  - Manchester City, Liverpool dan Arsenal Mungkin Harus Lakukan 1 Laga Ekstra

Kombinasi lain dari hasil yang akan menyebabkan kedua tim menjadi imbang adalah Arsenal 2-2 ditambah dengan kekalahan 3-1 Liverpool, atau imbang 3-3 Arsenal dan The Boro menang 4-2 di Anfield, dan seterusnya.

Kabar baik bagi para penggemar Manchester City adalah bahwa di bawah skenario ketiga ini, mereka akan tetap finis ketiga, apapun hasilnya di Watford, dan meraih satu tiket Liga Champions.