Mourinho Beber Alasan Belum Mainkan Mkhitaryan Sebagai Starter

Berita Bola – Henrikh Mkhitaryan jadi satu-satunya pemain baru yang belum pernah diturunkan sebagai starter oleh pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Sedangkan Paul Pogba memang belum dimainkan karena telat bergabung di Old Trafford.

 

Berita Bola – Henrikh Mkhitaryan jadi satu-satunya pemain baru yang belum pernah diturunkan sebagai starter oleh pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Sedangkan Paul Pogba memang belum dimainkan karena telat bergabung di Old Trafford.

Ada empat pemain yang didatangkan Mourinho pada musim panas ini. Mereka adalah Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan, Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba.

Bailly dan Ibrahimovic selalu jadi starter di dua laga kompetisi MU, yaitu saat melawan Leicester City di Community Shield dua pekan lalu, dan melawan Bournemouth pada laga pertama Premier League. Sedangkan Mkhitaryan dimainkan sebagai pemain pengganti di dua laga itu, dan Pogba tidak masuk skuad.

Banyak pihak bertanya kenapa Henrikh Mkhitaryan tidak jadi starter. Padahal pemain itu tampil menawan ketika memperkuat Borussia Dortmund musim lalu. Dia mencetak 19 gol dan mencatat 24 assist bagi klub Bundesliga itu.

Saat melawan Leicester City di Community Shield, Mkhitaryan menggantikan Juan Mata, yang menggantikan Jesse Lingard. Lalu di laga pembuka Premier League kontra Bournemouth, Mkhitaryan juga menggantikan Mata. Padahal Juan Mata sempat disebut-sebut masuk dalam daftar pemain yang akan dibuang oleh Jose Mourinho.

Menjawab pertanyaan itu, Mourinho mengatakan bahwa dirinya memainkan seorang pemain berdasarkan situasi di lapangan dan lawan yang dihadapi. Berbeda dengan prinsip pelatih lain pada umumnya, yang seolah pemain yang dibeli, harus mendapatkan prioritas untuk bermain.

“Saya menyaksikan pertandingan melawan Leicester dan saya membaca pertandingannya dan saya pikir kami membutuhkan kecepatan Jesse Lingard,” ungkap Mourinho tentang alasan kenapa mencadangkan Mkhitaryan kepada Manchester Evening News

“Ketika melawan Bournemouth, saya pikir lawan ingin menekan sangat tinggi dan seorang pemain seperti Mata datang dari dalam untuk mencapai celah di antara lini dan itu bisa sangat berguna untuk kami. Dan saya memutuskan memainkan Rooney di dua pertandingan di posisi dekat dengan Zlatan dan saya tidak menurunkan Micki (Mkhitaryan) sebagai starter,” sambungnya.

“Saya tidak seperti manajer lain, yang ketika membeli pemain, hal pertama yang mereka pikirkan adalah melindungi pemain-pemain pilihan mereka. Para pemain yang mereka beli harus bermain sepanjang waktu. Saya tidak begitu. Bagi saya, tim adalah prioritas, dan saya memainkan pemain yang terbaik untuk tim,” kata Mourinho.

Meski demikian, Mouirinho mengatakan bahwa Mkhitaryan adalah seorang pesepakbola super yang tetap diberikan banyak kesempatan bermain di musim ini.

Oleh : Gilabola.com