Benarkah Gol Pertama Manchester United Offside?

  • Para pemain Manchester United berhasil melegakan sedikit tekanan dari pundak manajer Louis van Gaal dengan mengalahkan Derby County di babak keempat Piala FA, namun gol pertama Wayne Rooney dipertanyakan keabsahannya.

Para pemain Manchester United berhasil melegakan sedikit tekanan dari pundak manajer Louis van Gaal dengan mengalahkan Derby County di babak keempat Piala FA, namun gol pertama Wayne Rooney dipertanyakan keabsahannya. 

Rooney menerima bola dari Anthony Martial sebelum mendribble sedikit bola ke dalam kotak sebelum melepaskan tembakan melengkung ke sudut gawang yang terjauh. Tapi tayangan ulang memperlihatkan kapten Manchester United berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan Martial. Namun wasit tidak mengambil keputusan apa pun soal itu dan mengesahkannya, menjadikan tim tamu unggul 0-1 pada menit ke-16.

George Thorne kemudian berbalik menembus pertahanan mereka untuk menyamakan kedudukan pada menit 37. Daley Blind kemudian melepaskan satu tembakan rendah ke gawang dari umpan silang Jesse Lingard di menit 65 sebelum Juan Mata memastikan gol kemenangan di menit-menit akhir laga.

Derby County, yang belum memenangkan satu pun pertandingan liga pada tahun 2016 dan duduk di posisi kelima di Divisi Championship, menyebabkan masalah menjelang akhir babak pertama ketika Thorne berhasil menyambar umpan panjang Chris Martin sebelum melepaskan tendangan voli yang melewati kiper David De Gea.

Tapi yang terpenting dari semua, kemenangan ini adalah kemenangan yang meningkatkan kepercayaan diri bagi tim Van Gaal yang, telah tanpa kemenangan sejak Desember, telah kalah satu kali pada bulan Januari dan mencatatkan kemenangan dengan selisih dua gol untuk pertama kalinya dalam 15 pertandingan terakhir.

Van Gaal sebelumnya menolak klaim bahwa ia pernah menawarkan untuk mengundurkan diri setelah kalah dari Southampton pada Sabtu lalu, dan tim asuhnya tampil lebih positif dalam melawan Derby County yang merupakan tim Divisi Championship (kasta kedua sepak bola Inggris).