Maradona minta maaf kepada Inggris

4

Masih ingat insiden gol “Tangan Tuhan” Diego Maradona pada Piala Dunia 1986? Gara-gara gol itu, Inggris tersingkir dari ajang bergengsi tersebut lantaran menyerah kalah 1-2 kepada Argentina di babak perempatfinal. Terkait gol itu, Maradona yang sedang berkunjung ke Inggris pekan ini, secara khusus meminta maaf kepada publik Inggris. Permintaan maafnya itu dia sampaikan dalam sebuah […]

Masih ingat insiden gol “Tangan Tuhan” Diego Maradona pada Piala Dunia 1986? Gara-gara gol itu, Inggris tersingkir dari ajang bergengsi tersebut lantaran menyerah kalah 1-2 kepada Argentina di babak perempatfinal.

Terkait gol itu, Maradona yang sedang berkunjung ke Inggris pekan ini, secara khusus meminta maaf kepada publik Inggris. Permintaan maafnya itu dia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan tabloid The Sun kemarin.

Dalam wawancara itu Maradona menyatakan penyesalannya. Ia mengatakan akan mengubah sejarah andaikan dirinya bisa memutar waktu kembali ke masa lalu. “Tapi gol itu tetaplah sebuah gol dan Argentina menjadi juara dunia dan saya dinobatkan menjadi pemain terbaik dunia. Saya tidak bisa mengubah sejarah, yang bisa saya lakukan sekarang adalah terus melanjutkan hidup,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Maradona mencetak gol pertama Argentina ke gawang Peter Shilton dengan tangannya. Dalam rekaman pertandingan terlihat, Maradona melompat sambil mendorong bola dengan tangan melewati jangkauan kiper Shilton yang mencoba keluar sarang merebut bola itu. Wasit mensahkan gol tersebut, dan setelah pertandingan Maradona menyebut golnya tadi dengan istilah “Tangan Tuhan”.

Tetapi Maradona menebus gol “licik”-nya itu dengan sebuah gol indah beberapa menit kemudian. Dia melakukan aksi solo run melewati lima pemain Inggris untuk mencetak gol kedua Argentina. Argentina pun lolos ke semifinal dan kemudian tampil sebagai juara dunia.
***