Masuk final, Chelsea bertambah kaya Rp 665 milyar

4

Dengan memastikan diri masuk final Champions saja, Chelsea sudah boleh mencatat tambahan penghasilan sebesar Rp 665 milyar dari hak siar TV partai final. Jika ditambah dengan hasil penjualan merchandise, tiket, dan sponsor diramalkan bos Chelsea Roman Abrahamovic akan tersenyum dengan figur sekitar Rp 1,2 trilyun masuk ke pundi-pundinya. UEFA memang menerapkan sistem bagi hasil sehingga […]

Dengan memastikan diri masuk final Champions saja, Chelsea sudah boleh mencatat tambahan penghasilan sebesar Rp 665 milyar dari hak siar TV partai final. Jika ditambah dengan hasil penjualan merchandise, tiket, dan sponsor diramalkan bos Chelsea Roman Abrahamovic akan tersenyum dengan figur sekitar Rp 1,2 trilyun masuk ke pundi-pundinya.

UEFA memang menerapkan sistem bagi hasil sehingga makin tinggi sebuah tim merah prestasi di ajang kompetisi Eropa, makin banyak uang masuk. Manchester United sebagai contoh. Tahun lalu MU meraih Rp 643 milyar. Tapi tahun ini hanya Rp 414 milyar karena tersisih di babak-babak awal.

Jika berhasil meraih trofi juara maka Frank Lampard dkk akan mendapatkan tambahan uang sebesar Rp 42 milyar. Dengan sistem semacam ini klub kaya akan semakin kaya dan yang miskin semakin tak mungkin menembus dominasi klub-klub kaya Eropa dalam jual beli pemain berbakat.