Mourinho Beberkan Taktik Jitunya Kalahkan Chelsea

921

Pelatih Manchester United United Jose Mourinho akhirnya menemukan taktik jitu dalam mengalahkan Chelsea, Minggu (16/4) malam. Taktik apa itu?

Liga Inggris  - Mourinho Beberkan Taktik Jitunya Kalahkan Chelsea

Belajar dari dua kekalahan sebelumnya, pelatih Manchester United United Jose Mourinho akhirnya menemukan taktik jitu dalam mengalahkan Chelsea, Minggu (16/4) malam. Taktik apa itu?

Berita Bola, Liga Inggris – Dalam laga Liga Premier di Old Trafford semalam, Manchester United secara meyakinkan mampu mengalahkan Chelsea 2-0 lewat gol Marcus Rashford menit ke 7 dan Ander Herrera di menit ke 49. Kemenangan itu sekaligus menebus dua kekalahan MU sebelumnya dari Chelsea di musim ini.

Pada pertemuan pertama di Stamford Bridge pada Oktober 2016 lalu, MU dibantai Chelsea dengan skor telak 4-0. Selanjutnya, MU kembali dikalahkan oleh pasukan Antonio Conte di perempat final Piala FA dengan skor 1-0 beberapa waktu lalu.

Rupanya dari dua kekalahan tersebut, Jose Mourinho sudah tahu cara mengantisipasi serangan Chelsea, sekaligus paham bagaimana mengalahkan rivalnya tersebut. Dia pun menemukan taktik mematikan alur serangan The Blues saat mereka menang di Old Trafford semalam.

Dilansir Tribal Football, Mourinho mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan timnya dalam laga semalam adalah lewat taktik memutus aliran bola ke striker Diego Costa. Untuk menjalani itu, Mourinho meminta kepada pemainnya untuk mematikan dua pemain penyuplai bola di belakang Costa, yaitu Eden Hazard dan Pedro.

“Saya sudah yakin sebelum laga, untuk mengalahkan Chelsea harus mengendalikan dua pemain di belakang Diego Costa,” kata Mourinho. “Costa sangat berbahaya, tapi itu karena dibantu dua pemain di belakangnya. Dua pemain itulah yang kami kendalikan. Dan kami bisa melakukannya di sini.”

“Serangan balik mereka sangat fenomenal. Tapi ketika mereka coba melakukan serangan balik cepat, kami langsung mengendalikan dua posisi penghubung ini (Hazard dan Pedro),” tambahnya.

Dalam laga semalam, Eden Hazard memang tidak berkutik mendapatkan pengawalan ketat dari Ander Herrera. Sepanjang laga, Herrera tak pernah terlihat jauh dari Hazard. Mereka seperti amplop dan perangko, lengket.

Sementara Pedro secara bergantian dimatikan oleh Ashley Young dan Matteo Darmian. Di tengah, Paul Pogba membuat N’golo Kante tak berkutik, demikian juga Nemanja Matic yang dipepet oleh Marouane Fellaini. Sementara Diego Costa berulang kali terlibat duel keras dengan dua bek tengah MU, Eric Bailly dan Marcos Rojo. Singkatnya lini tengah Chelsea dibuat mati kutu, sehingga tak ada aliran bola bagus untuk Costa di depan.