Newcastle United Enggan Belanja Lebih di Bursa Transfer

  • Pemilik Newcastle United Mike Ashley mengaku kesulitan memenuhi semua permintaan manajer Rafael Benitez di bursa transfer.

Rafael Benitez
Rafael Benitez

Manajer Newcastle Rafael Benitez mengaku frustrasi karena ketidakmampuan klub mendapatkan pemain-pemain incaran. Pemilik klub Mike Ashley mengaku pihaknya tidak bisa memenuhi semua keinginan Benitez karena keuangan klub terbatas.

Tim yang baru promosi kembali di akhir musim lalu itu sudah menambahkan empat pemain anyar, termasuk mempermanenkan Christian Atsu dari Chelsea.

Padahal sebelumnya Benitez dijanjikan akan mendapatkan dukungan penuh secara finansial untuk memperbaiki prestasi The Magpies dan oleh karenanya Ia memutuskan untuk tetap tinggal di St. James’ Park.

Oleh karenanya tersiar kabar jika eks manajer Liverpool itu akan mengundurkan diri andai pada bursa transfer musim dingin pada Januari 2018 mendatang belum juga ada cek kosong untuk membeli amunisi baru.

“Jika Anda berkata bahwa saya kaya, oke. Secara teori saya memang kaya. Terserah, mau disebut milyuner atau multi-milyuner,” ujar Ashley pada Sky Sports.

“Tapi pada kenyataannya, kekayaan saya ada di saham Sports Direct (perusahaan pribadinya) sama seperti wallpaper. Saya tidak memiliki uang di bank.”

“Jadi saya tidak mempunyai kekuatan untuk menulis cek sebesar Rp3,5 triliun. Saya tidak memiliki uang sebesar itu. Sesederhana itu. Saya harus menjual Sports Direct untuk bisa mendapatkan uang sebesar itu.”

“Orang-orang di luar sepak bola melihat dan dengan bagaimana pandangan umumnya, kekayaan selalu diartikan dengan (uang) di bank. Padahal tidak dan saya harus menekankan hal tersebut.”

“Saya tidak cukup kaya di sepak bola dewasa ini untuk bisa bersaing dengan Mancester City atau klub-klub besar lainnya.”

“Pada dasarnya, kekayaan individual diartikan seperti sebuah negara. Saya tidak bisa memberikan dana dan tidak mau (mengeluarkan uang banyak).”

Disinggung seberapa banyak uang yang diminta Rafael Benitez, Mike Ashley menegaskan bahwa uang yang ada di klub tidak akan bisa memuaskan sang manajer.

“Tidak cukup. Sangat sederhana, tidak cukup dan Rafa tahu itu. “Sudah bukan rahasia lagi, bahwa setiap sen uang yang dihasilkan klub bisa dipergunakan oleh Benitez. Tapi itu tidak akan cukup. Ini Newcastle United, klub yang tidak memiliki kesepakatan penamaan stadion sebesar Rp695 miliar.”

“Rafa, atas bantuan (direktur klub) dengan Lee Charnley.. Lee Charnley menjawab semua permintaan Rafa dan bukan sebaliknya. Jadi sangat jelas jika Rafa memegang semua keputusan akhir atas pemain yang dilepas dan dibeli, tapi ia tidak menguasai uang di klub.”