Pelatih West Ham Ungkap Alasan Ganti Javier Hernandez

Slaven Bilic menarik keluar Javier Hernandez di babak kedua saat West Ham mengalahkan Huddersfield Town karena alasan teknis.

Liga Inggris  - Pelatih West Ham Ungkap Alasan Ganti Javier Hernandez

Banyak pendukung West Ham United kecewa ketika pelatih Slaven Bilic menarik keluar striker Javier ‘Chicharito’ Hernandez di babak kedua pertandingan melawan Huddersfield Town, Selasa (12/9) dini hari WIB. Bilic mengklaim punya alasan kuat atas keputusannya itu.

Hernandez, yang bergabung dengan The Hammers dari Bayer Leverkusen dengan biaya transfer 16 juta poundsterling di musim panas baru-baru, ditarik keluar pada menit ke 64. Posisinya digantikan oleh Andre Ayew.

Sebagian besar penonton pendukung West Ham berteriak tidak setuju ketika Bilic menarik keluar striker asal Meksiko tersebut. Apalagi Hernandez tampil bagus dan telah mencetak dua gol ketika timnya dikalahkan Southampton 3-2 dua pekan lalu.

Tapi Bilic bersikeras bahwa pergantian dilakukan karena dia melihat Hernandez sudah kelelahan di babak kedua. Si pemain memang baru kembali ke klub setelah memperkuat negaranya Meksiko di ajang kualifikasi Piala Dunia 2017 pekan lalu.

Ternyata keputusan Bilic itu berbuah hasil. Setelah Hernandez keluar, West Ham berhasil mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan 2-0 melalui Pedro Obiang di menit ke- 72 dan Andre Ayew menit ke- 77.

“Anda harus mengambil risiko, Javier Hernandez melakukan segalanya tapi kami memiliki pemain bagus di bangku cadangan,” kata Bilic kepada BBC Sport memberi alasan penggantian Hernandez.

“Saya melihat bahwa Hernandez sudah mulai sedikit lelah karena terus menerus berlari dan inilah saat yang tepat bagi Andre Ayew untuk masuk menggantikannya. Bukan karena Javier tidak memiliki permainan yang bagus, tapi itulah saatnya untuk memberikan pemain yang segar ketika lawan mulai kedodoran.”

Ini adalah kemenangan pertama West Ham dari empat pertandingan Liga Primer di musim ini, yang mengangkat mereka dari posisi terbawah klasemen liga ke posisi 18.