Pemainnya Berantem, Dua Klub Ini Dihukum

  • Tindakan tegas yang dijatuhi federasi sepakbola Inggris, FA, sepatutnya ditiru oleh PSSI. FA menghukum dua klub anggotanya gara-gara pemain mereka terlibat keributan di lapangan.

Liga Inggris  - Pemainnya Berantem, Dua Klub Ini Dihukum

Tindakan tegas yang dijatuhi federasi sepakbola Inggris, FA, sepatutnya ditiru oleh PSSI. FA menghukum dua klub anggotanya gara-gara pemain mereka terlibat keributan di lapangan.

Dua klub dimaksud adalah Aston Villa dan Tottenham Hotspur. Pemain kedua kesebelasan terlibat keributan di pinggir lapangan saat pertandingan Liga Primer di Villa Park tengah berlangsung pada 2 November lalu.

Keributan bermula dari perseteruan antara penyerang Villa, Christian Benteke, dan gelandang Spurs, Ryan Mason, di mana kedua pemain terlibat saling dorong pada menit ke-64.

Benteke kemudian mendorong wajah Mason dan aksinya ini memercik panas di antara pemain kedua kubu. Beberapa pemain Spurs, seperti Erik Lamela, mendatangi wasit Neil Swarbrick, meminta wasit untuk menghukum Benteke. Sementara, beberapa pemain lainnya terlibat adu argumen. Benteke kemudian diganjar kartu merah.

Akibat keributan itu, Tottenham dan Aston Villa dihukum denda oleh FA masing-masing sebesar 20.000 poundsterling (sekitar Rp 388 juta). Kedua klub dinilai gagal dalam mengatur perilaku pemain-pemainnya di atas lapangan.

“Baik Aston Villa maupun Tottenham Hotspur mendapatkan denda 20.000 pounds setelah mengakui bahwa mereka telah melanggar aturan FA pada laga tanggal 2 November 2014,” demikian pernyataan FA.

“Keduanya dihukum lantaran gagal mengatur pemain-pemainnya berlaku seperti yang seharusnya di sekitar menit ke-66 pada laga yang dimaksud.”