Penjelasan Rooney Soal Kartu Merah, Absen Tiga Kali, dan Rencana ke Depannya

6

Wayne Rooney terkena kartu merah pada menit ke-60 laga vs West Ham United hari Sabtu malam WIB. Ia kemudian ditanya soal kemungkinan mengajukan banding atas kartu merahnya itu. Inilah penjelasan Wayne Rooney. Pertama-tama pemain berusia 28 tahun itu meminta maaf kepada rekan-rekannya di Manchester United untuk tindakannya menebang Stewart Downing, dan ia mengaku tidak memiliki rencana untuk […]

Liga Inggris  - Penjelasan Rooney Soal Kartu Merah, Absen Tiga Kali, dan Rencana ke Depannya
Wayne Rooney terkena kartu merah pada menit ke-60 laga vs West Ham United hari Sabtu malam WIB. Ia kemudian ditanya soal kemungkinan mengajukan banding atas kartu merahnya itu. Inilah penjelasan Wayne Rooney.

Pertama-tama pemain berusia 28 tahun itu meminta maaf kepada rekan-rekannya di Manchester United untuk tindakannya menebang Stewart Downing, dan ia mengaku tidak memiliki rencana untuk mengajukan banding atas kartu merah, yang ia akui bahwa ia sepenuhnya layak menerimanya.

Kemenangan kedua Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United melawan West Ham tertutupi oleh aksi Rooney tersebut, yang terjadi di babak kedua laga di Old Trafford tersebut.

Manajer West Ham Sam Allardyce menyebut aksi tersebut “gila dan tidak bertanggung jawab”, sementara Rooney tidak punya keluhan soal pengusirannya.

Rooney merasa senang Man United bisa bertahan untuk menang 2-1 dan setelah peluit akhir sang kapten meminta maaf kepada para pemain lainnya di ruang ganti.

“Ya, tentu saja (minta maaf),” kata striker itu.

Rooney kini akan melewatkan pertandingan United melawan Everton, Chelsea dan West Brom gara-gara kartu merah langsungnya.

Ketika ditanya apakah ia akan mengajukan banding terhadap skorsingnya itu, kapten Inggris itu mengatakan: “Tidak, saya bisa mengerti (hukuman itu).”

“Saya tahu pada saat itu bahwa saya salah.”

“Ini adalah kartu merah dan saya tidak akan menguntungkan siapa pun dengan mengajukan banding atas keputusan tersebut.”

“Itu mungkin keputusan yang tepat. Saya melihat pemain West Ham membuat serangan balik dan saya mencoba untuk mencegahnya bermain, tapi saya hanya salah bertindak.”

“Saya pikir semua orang tahu (saya berada di posisi salah), jadi saya hanya bersyukur bahwa anak-anak (Man United) mampu bertahan.”

Rooney memiliki reputasi sebagai pemain yang sangat emosional di tahun-tahun awal karirnya, tapi ini adalah untuk pertama kalinya ia telah diusir untuk Man United dalam 5,5 tahun.

Pemain berusia 28 tahun itu, yang pengusirannya datang sehari sebelum peringatan 10 tahun debutnya di Manchester United, menyadari bahwa kartu merah keenam dalam karirnya itu akan memunculkan pertanyaan soal temperamennya.

“Saya mengharapkan orang untuk mengatakan itu, tapi pada akhir hari, saya mencoba untuk mencegah (pemain lawan) bermain,” katanya.

“Ini adalah situasi yang berbahaya dalam arti bahwa mereka menyerang masuk pada kami dan saya hanya salah menilai itu, sesederhana itu, tapi saya tidak memiliki keluhan.”

Ketika ditanya apakah ia merasa perlu untuk meminta maaf kepada Downing, Rooney mengatakan: “Tidak, aku tidak benar-benar menghajar anak itu.”

“Saya telah mencoba untuk menekelnya dan, untuk bersikap adil terhadap dia, dia agak jauh dari saya dan itulah sebabnya kaki saya lebih tegak daripada seharusnya.”

“Saat ia mendorong bola menjauh, kaki saya telah diluruskan dan menjadi jelas mengapa wasit telah menganggapnya sebagai kartu merah.”

Rooney akan bermain untuk Inggris di kualifikasi Euro 2016 bulan depan melawan San Marino dan Estonia, tetapi ia tidak akan membela Man United sampai akhir pekan pertama November, saat Setan Merah menghadapi rival Manchester City.

Rooney bertekad tidak akan menonton teman-temannya bermain dari tribun.

“Itu hal yang paling mengecewakan,” kata striker yang telah mencetak tiga gol untuk klub musim ini.

“Jelas kita harus melupakan hari ini dengan mendapatkan sebuah kemenangan, tapi saya benar-benar patah hati menyadari bahwa saya akan absen di tiga game berikutnya.”

“Sulit untuk menerimanya.”