Pep Guardiola Dibela Pelatih West Brom

139

Hasil kerja Pep Guardiola di Manchester City tak pantas hanya dinilai dalam satu musim saja, kata pelatih West Bromwich Albion, Tony Pulis.

Liga Inggris  - Pep Guardiola Dibela Pelatih West Brom

Liga Inggris – Kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City di awal musim ini rupanya belum mampu memberikan dampak yang signifikan. Meski mendatangkan beberapa pemain baru dengan biaya yang tidak sedikit, namun Guardiola belum bisa memberikan satupun trofi bagi klubnya di musim debutnya di Liga Inggris.

Manchester City saat ini justru harus berjuang keras untuk memastikan satu tiket lolos ke babak Liga Champions musim depan. Hal itu jelas bukan apa yang mereka harapkan di awal musim. Pep sendiri untuk pertama kali dalam karir kepelatihannya harus mengakhiri musim tanpa trofi.

Meski demikian, pelatih West Brom, Tony Pulis, merasa bahwa hasil kerja Guardiola tak bisa dinilai hanya dalam semusim. Pulis menilai pelatih asal Spanyol itu harus diberi keleluasaan untuk membentuk skuad yang diinginkannya untuk musim depan.

“Klub bisa berharap sesuai apa yang mereka inginkan, namun butuh waktu bagi seorang pelatih untuk bisa beradaptasi dan mendapati semua berjalan sesuai dengan keinginannya,” ujar pelatih berusia 59 tahun itu dalam konfrensi pers jelang laga melawan Manchester City Rabu (17/5).

“Anda tidak  bisa melakukan hal itu dalam satu musim, ataupun dalam dua kali bursa transfer. Hal yang sama juga terjadi jika anda melihat situasi Jose Mourinho di Manchester United. Jose akan kembali memperbaiki tim musim depan sehingga mereka akan kembali menjadi tim yang lebih kuat.”

“Liverpool hampir pasti lolos ke Liga Champions, mereka akan kembali mengeluarkan dana (mendatangkan pemain). Klub-klub itu baru saja bangkit untuk terbang kembali.”

Pulis sendiri memberikan pandangannya mengenai hasil kerja Antonio Conte di Chelsea dan Pep Guardiola di Manchester City. Kedua pelatih itu sama-sama menjalani musim debut mereka di Liga Inggris, meski Conte memiliki catatan lebih baik dengan mengantarkan Chelsea meraih gelar juara Liga Inggris. Conte juga masih memiliki peluang menambah gelar bagi Chelsea di mana mereka memastikan satu tempat di final Piala FA.

“Setiap klub dijalankan dengan cara yang berbeda dan setiap klub yang anda datangi memiliki keadaan yang berbeda,” lanjut Pulis. “Saya tidak bisa mengatakan seberapa sulit situasi Antonio atau seberapa sulit situasi yang dialami Pep. Mereka memiliki masalah yang berbeda.”

“Antonio mungkin memiliki situasi di mana ia bisa mengembangkan apa yang ia miliki menjadi apa yang ia inginkan, dan mungkin Pep memiliki situasi yang sebaliknya sehingga dia butuh mendatangkan pemain baru. Sangat sulit mengatakan jika berdasarkan hasil satu musim. Dua orang yang kita bicarakan, saya telah melihat mereka meraih kesuksesan.”

Pulis menambahkan : “Keduanya telah melakukan hal yang fantastis dalam karir mereka dan saya yakin Pep bertekad untuk lebih baik dari yang sudah dilakukannya tahun ini.”