Perancis vs Inggris: Blanc waspadai Gerrard

Menghadapi Inggris bukan perkara sulit bagi pelatih Perancis, Laurent Blanc. Ia sudah paham betul karakter permainan Inggris. Selain karena ia pernah dua tahun merumput di Liga Primer bersama Manchester United, juga karena ia sering menyaksikan langsung beberapa pertandingan “The Three Lions”. Dari pengalaman tersebut Blanc berkesimpulan kalau Inggris punya semangat dan mental bertarung yang sangat […]

Menghadapi Inggris bukan perkara sulit bagi pelatih Perancis, Laurent Blanc. Ia sudah paham betul karakter permainan Inggris. Selain karena ia pernah dua tahun merumput di Liga Primer bersama Manchester United, juga karena ia sering menyaksikan langsung beberapa pertandingan “The Three Lions”.

Dari pengalaman tersebut Blanc berkesimpulan kalau Inggris punya semangat dan mental bertarung yang sangat tinggi. Inggris juga mengandalkan serangan balik cepat untuk mematikan lawan. Pemeran kunci dalam serangan balik tersebut adalah kapten Steven Gerrard.

“Selama dua tahun bermain di Inggris, saya sudah mengetahui persis mentalitas pemain Inggris. Mereka bermain penuh semangat dan jago dalam melakukan tekel-tekel,” kata Blanc.

“Kami sudah melihat dua pertandingan terakhir mereka (melawan Norwegia dan Belgia). Mereka memainkan empat pemain belakang dengan beberapa pemain cepat, dan mencoba memukul lawan dengan serangan balik.”

“Kami perlu khawatir mengenai hal itu, dan memastikan diri tidak terperangkap. Jika ada celah di belakang, mereka akan melakukan serangan balik dan Steven Gerrard adalah seorang pengumpan yang baik,” jelas Blanc.

Blanc mengaku sudah menyiapkan strategi menghadapi kondisi tersebut saat timnya menghadapi Inggris dalam laga pertama penyisihan Grup D Piala Eropa 2012 di Donbass Arena, Senin (11/6) malam WIB nanti.