Pesepakbola Pemerkosa Itu Sudah Kembali Latihan di Tim Asalnya

4

Ada kontroversi seputar dunia sepakbola saat ini karena klub Sheffield United sudah mengizinkan mantan pemain mereka, Ched Evans, kembali berlatih dengan mereka setelah dibebaskan dari penjara untuk kasus perkosaan. Evans menjabat setengah dari hukuman lima tahunnya setelah dinyatakan bersalah memperkosa seorang wanita berusia 19 tahun pada tahun 2012 dan klub Yorkshire itu telah memberi izin bagi pemain Wales itu untuk […]

Ada kontroversi seputar dunia sepakbola saat ini karena klub Sheffield United sudah mengizinkan mantan pemain mereka, Ched Evans, kembali berlatih dengan mereka setelah dibebaskan dari penjara untuk kasus perkosaan.

Evans menjabat setengah dari hukuman lima tahunnya setelah dinyatakan bersalah memperkosa seorang wanita berusia 19 tahun pada tahun 2012 dan klub Yorkshire itu telah memberi izin bagi pemain Wales itu untuk kembali berlatih dengan mereka sekali lagi menyusul permintaan dari asosiasi pesepakbola profesional (PFA).

“Setelah berbagai pertimbangan, dewan telah memutuskan untuk merespon positif permintaan PFA untuk memungkinkan Evans untuk berlatih di klub,” demikian pernyataan klub itu.

Alasannya adalah bahwa hal itu akan membantu proses rehabilitasi berusia 25 tahun itu.

Tetapi di saat yang sama banyak tidak setuju dengan keputusan tersebut dan percaya bahwa striker seharusnya tidak diperbolehkan kembali di mata publik setelah apa yang dilakoninya.

Bahkan sebuah petisi dengan 157.000 tanda tangan telah diserahkan kepada Blades untuk mendesak mereka untuk tidak kembali menandatangani Evans, dan presenter TV Charlie Webster mengumumkan pada Newsnight pada hari Selasa bahwa ia telah mengundurkan diri sebagai patron klub karena kehadiran Evans di Bramall Lane.

“Keputusan saya dibuat berdasarkan kenyataan bahwa saya tidak percaya narapidana pemerkosaan, seperti dalam kasus Ched Evans, bisa kembali ke klub yang saya lindungi,” kata Webster kepada BBC.

Namun klub itu belum mengambil keputusan apakah mau merekrut Evans kembali, yang selalu berkeras dirinya tak bersalah dan mengatakan bahwa ia melakukan hubungan seks mau-sama-mau dengan wanita itu di sebuah hotel di Rhyl, dan bukan memperkosanya.

Striker internasional Wales dan penyerang Sheffield United, Ched Evans, dipenjara pada bulan April 2012 untuk tudingan memperkosa seorang wanita di sebuah kamar losmen di Rhyl, Wales Utara.

Penggemar telah banyak menyerukan agar ia diizinkan main lagi untuk Sheffield, tapi hampir 150.000 orang telah menandatangani sebuah petisi online yang mendesak klub Bramall Lane itu untuk tidak mempekerjakannya kembali.

Sang pesepakbola sudah berkali-kali membantah melakukan pelanggaran tetapi ia dinyatakan bersalah oleh juri di pengadilan Caernarfon Crown.

Dia mengaku melakukan hubungan seks mau-sama-mau dengan gadis berusia 19 tahun, tapi wanita itu mengatakan kepada juri dia tidak bisa mengingat insiden itu.

Jaksa mengatakan wanita tersebut, yang tidak bisa disebutkan namanya karena alasan hukum, terlalu mabuk untuk menyetujui sebuah hubungan seksual consensual (mau-sama-mau).

Bek Port Vale Clayton McDonald juga mengaku berhubungan seks dengan korban tapi tidak dinyatakan bersalah atas tuduhan yang sama.

Banding terhadap hukuman Evans ditolak oleh tiga hakim di Pengadilan Banding pada tahun 2012.

Pacarnya, Natasha Massey, telah memimpin kampanye publik untuk membatalkan dakwaan itu. Massey mengatakan pada media bahwa ia meminggirkan perasaannya sendiri bahwa ia telah dikhianati, dan mendukung sang pemain bola melalui tahapan pengadilan dan penjara dan dia bilang telah mengunjungi Evans setiap minggu di penjara.

Massey mengatakan pacarnya itu berharap untuk bisa bermain sepakbola profesional lagi.

Para politisi sudah menekan klub untuk menolak permohonan Evans dengan pertimbangan bahwa pemain sepakbola adalah teladan bagi anak-anak. Mereka tokoh di masyarakat dan sudah dibayar mahal untuk profesinya itu sehingga tidak sepatutnya melakukan perbuatan tercela.

Evans mencetak 48 gol dalam 113 pertandingan untuk Blades sebelum penahanannya, termasuk 35 gol dalam 42 pertandingan selama musim 2011/12 yang terpotong masa penahanannya. Sheffield United di musim 2006/2007 pernah bermain di PremierLeague, tapi prestasinya merosot sejak itu dan kini berada di League One, dua kasta di bawah Premier League.

Ched Evans telah tampil 13 kali untuk Wales.