Jika di ajang Liga Champions, tim-tim Inggris begitu dominan, di Piala UEFA wakil-wakil mereka justru tak berkutik menghadapi lawan-lawannya. Tottenham Hotspur dan Everton menelan kekalahan, sedangkan Bolton hanya memetik hasil imbang di kandang.

Menjamu PSV Eindhoven pada pertandingan leg pertama babak perdelapanfinal Piala UEFA, Jumat (7/3) dinihari, Tottenham dipaksa menyerah kalah 0-1 oleh tamunyal PSV. Gol PSV dicetak Farfan di menit ke 34. Ambisi pelatih Juande Ramos untuk mempersembahkan piala kedua setelah Piala Liga pun, tampaknya sulit terwujud karena laga leg kedua akan berlangsung di Einhoven pekan depan.

Kekalahan pahit juga dialami Everton yang bertandang ke Fiorentina. Pasukan David Moyes ini dipaksa menyerah 0-2 kepada tim tuan rumah. Dua gol Viola dicetak oleh Kuzmanovic menit ke-70 dan Montolivo menit ke 81. Everton harus menang dengan selisih gol minimal tiga pada leg kedua pekan depan jika ingin lolos ke perempatfinal.

Sementara Bolton hanya memetik hasil imbang 1-1 lawan tamunya Sporting Lisbon. McCann sempat membawa Bolton unggul lebih dulu di menit ke-25, sebelum disamakan lawan melalui gol Vukcevic di menit ke-69.

Di pertandingan lainnya, tim favorit Bayern Munich membantai tuan rumah Anderlecht dengan skor telak 5-0. Striker Luca Toni, Altintop, Lucas Podolski, Miroslav Klose dan Frank Ribery masing-masing menyumbangkan satu gol. Anderlecht tidak bisa berbuat banyak dalam laga ini karena harus bermain sepuluh orang sejak menit ke 43 menyusul kartu merah untuk Wasilewski.

Hasil Perdelapanfinal Piala UEFA leg pertama:
Anderlecht vs Bayern Munich 0-5
Fiorentina vs Everton 2-0
Marseille vs Zenit 3-1
Bolton vs Sporting Lisbon 1-1
Rangers vs Werder Bremen 2-0
Leverkusen vs Hamburger 1-0
Tottenham vs PSV Eindhoven 0-1
Benfica vs Getafe 1-2
***