Premier League Mungkin Akan Pindahkan Satu-Dua Laga ke Asia

Popularitas Premier League Inggris di seluruh dunia telah merangsang munculnya ide untuk mengadakan satu atau dua laga di luar negeri, terutama di pasar dengan daya beli terbesar seperti Asia. Ide ini sebenarnya sudah muncul enam tahun silam. Ditolak oleh FIFA dan suporter dalam negeri di Inggris, yang merasa kehilangan tontonan langsung di stadion jika ada laga […]

Sepakbola - Real Madrid memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara La Liga dengan memperlebar jarak poin dari para pesaingnya.

Liga Inggris Liga Spanyol  - Premier League Mungkin Akan Pindahkan Satu-Dua Laga ke Asia
Popularitas Premier League Inggris di seluruh dunia telah merangsang munculnya ide untuk mengadakan satu atau dua laga di luar negeri, terutama di pasar dengan daya beli terbesar seperti Asia.

Ide ini sebenarnya sudah muncul enam tahun silam. Ditolak oleh FIFA dan suporter dalam negeri di Inggris, yang merasa kehilangan tontonan langsung di stadion jika ada laga yang dipindah ke luar negeri.

Namun pemilik Premier League belum surut dengan rencana ini. Apalagi melihat contoh sukses laga pramusim lalu antara Real Madrid vs Manchester United –keduanya kebetulan dua klub terpopuler di muka bumi dengan follower terbanyak– yang ditonton sebanyak 109 ribu orang langsung di stadion.

Berapa duit tuh keuntungan dari penjualan tiket stadion? Belum lagi hak siar televisi, penjualan merchandise di stadion, makanan, pernak pernik lain, dan juga pendapatan dari iklan televisi dan iklan di stadion.

Hal-hal seperti ini yang mendorong Premier League untuk terus mencoba mencari berbagai kemungkinan mengadakan pertandingan di luar Inggris.

Salah satunya dengan menciptakan laga ke-39. Dengan 20 tim saat ini di Premier League maka seluruh pertandingan berjumlah 38, hasil home and away terhadap 19 tim lain. Dimunculkan ide untuk laga ke-39 yang tidak berpengaruh apa-apa terhadap klasemen. Semacam laga pasca-musim.

Atau ide lainnya ya seperti yang terjadi di International Champions Cup di Amerika. Sejumlah klub berkumpul di satu lokasi mengadakan laga kompetitif untuk hadiah tertentu, dan dilangsungkan di pramusim.

Liga Inggris kini ditonton di 650 juta rumah tangga di lebih 175 negara di seluruh dunia.

Liga Spanyol juga mengadaka tur “World Challenge” kedua sebelum musim ini, dengan melibatkan Almeria, Atletico Madrid, Deportivo La Coruna, Malaga dan Valencia. Sementara Barcelona dan Real Madrid membuat kesepakatan terpisah.

Pertandingan pra-musim di Ann Arbor Michigan, Amerika Serikat, di mana Manchester United mengalahkan Real Madrid tercatat ditonton sebanyak 109.318 orang.

Sepakbola.cc