PROFIL Alex Oxlade-Chamberlain: Muda penuh bakat

Sebuah keputusan mengejutkan diambil pelatih Inggris, Roy Hodgson, saat Inggris bertemu Perancis di laga pertama Grup D Piala Eropa 2012, Senin (11/6) malam. Hodgson memainkan Alex Oxlade-Chamberlain sebagai starter di posisi sayap dan mengabaikan pemain berpengalaman seperti Theo Walcott dan Stewart Downing. Pemain Arsenal yang belum genap berusia 19 tahun ini masih sangat minim pengalamannya […]

Sebuah keputusan mengejutkan diambil pelatih Inggris, Roy Hodgson, saat Inggris bertemu Perancis di laga pertama Grup D Piala Eropa 2012, Senin (11/6) malam. Hodgson memainkan Alex Oxlade-Chamberlain sebagai starter di posisi sayap dan mengabaikan pemain berpengalaman seperti Theo Walcott dan Stewart Downing.

Pemain Arsenal yang belum genap berusia 19 tahun ini masih sangat minim pengalamannya di level internasional. Di Arsenal pun ia belum masuk tim inti, kendati dalam beberapa laga ia sempat dimainkan sebagai starter.

Ternyata penampilan pertamanya di Piala Eropa 2012 ini cukup membanggakan. Pelatih Hodgson mengaku sangat puas. “Saya pikir dia bermain sangat baik. Beberapa kali akselerasinya menerobos pertahanan lawan sangat baik. Dia mungkin akan terus seperti itu, karena kita tidak tahu apa yang akan dia ciptakan lagi nanti,” puji Hodgson.

Pujian juga datang dari kapten Steven Gerrard. Gelandang Liverpool itu menilai, Oxlade-Chamberlain adalah salah satu pemain muda terbaik yang dimiliki Inggris saat ini.

“Saya pikir Oxlade-Chamberlain malam ini telah menunjukan level terbaiknya. Dia masih muda dan punya banyak kesempatan untuk belajar. Bermain dengan sejumlah pemain berpengalaman membuatnya berkembang cepat,” kata Gerrard.

Oxlade-Chamberlain lahir di Portsmouth, Inggris, 15 Agustus 1993.
Memulai debut profesional di klub Southampton pada musim 2010–1011. Ia pindah ke Arsenal pada bulan Agustus 2011

Ia mencetak dua gol pada tiga laga pertama Liga Primer musim 2011-12 dan menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol di Liga Champions.

Biodata Oxlade-Chamberlain:

Nama lengkap: Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain
Julukan: The Ox
Tanggal lahir: 15 Agustus 1993
Tempat lahir: Portsmouth, Inggris
Tinggi badan: 1.80 meter
Posisi bermain: Gelandang Sayap
Klub saat ini     Arsenal
Nomor     15

Karier junior:
2000–2010: Southampton
Karier senior:
2010–2011: Southampton
2011– :    Arsenal

Karir internasional:
2010: Inggris U18
2011: Inggris U19
2011: Inggris U21
2012: Timnas Inggris