Pukul Tevez, Barton diganjar 12 pertandingan

Kapten QPR, Joey Barton, dijatuhi hukuman larangan bermain dalam 12 pertandingan plus denda sebesar 75 ribu poundsterling oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) terkait insiden pemukulan terhadap striker Manchester City, Carlos Tevez, dalam pertandingan terakhir Liga Primer di Etihad Stadium, Minggu (13/5) lalu. Insiden itu terjadi pada menit ke 55 duel Manchester City versus QPR yang […]

Kapten QPR, Joey Barton, dijatuhi hukuman larangan bermain dalam 12 pertandingan plus denda sebesar 75 ribu poundsterling oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) terkait insiden pemukulan terhadap striker Manchester City, Carlos Tevez, dalam pertandingan terakhir Liga Primer di Etihad Stadium, Minggu (13/5) lalu.

Insiden itu terjadi pada menit ke 55 duel Manchester City versus QPR yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan City. Wasit langsung mengganjar Barton dengan kartu merah saat itu.

Menurut peraturan, hukuman untuk kartu merah adalah skorsing dua pertandingan. Lantas, kenapa sanksi untuk Barton menjadi 12 pertandingan?

Ini rinciannya. Untuk sanksi kartu merah, dia seharusnya diganjar dua pertandingan, namun dilipat menjadi empat pertandingan karena ini merupakan kartu merah keduanya dalam satu musim. Sedangkan sanksi delapan pertandingan merupakan tambahan terkait reaksinya yang berlebihan sesaat setelah mendapatkan kartu merah.

Saat hendak meninggalkan lapangan, Barton terlihat menghajar Sergio Aguero dari belakang dengan lututnya, lalu beradu kepala dengan kapten Manchester City, Vincent Kompany. Ia juga menyerang pemain City dengan kata-kata kasar. Untuk sikapnya ini, FA juga memberikan hukuman tambahan berupa denda sebesar 75 ribu poundterling.