Ini Dia Alasan Rafael Benitez Mau Latih Tim Kasta Kedua

Keputusan Rafael Benitez untuk tetap menangani Newcastle memunculkan tanda tanya besar sebab The Toon Army bermain di Divisi Championship musim depan.

Keputusan Rafael Benitez untuk tetap menangani Newcastle memunculkan tanda tanya besar sebab The Toon Army bermain di Divisi Championship musim depan.

Bagi Benitez yang sudah malang melintang memegang klub-klub besar, tentu saja bermain di kasta kedua terasa janggal.

Apalagi dalam kontraknya kala menangani NUFC bulan Maret, terdapat klausul yang menyatakan dirinya bisa hengkang andai Newcastle terdegradasi.

Akan tetapi setelah melakukan pembicaraan intens dengan petinggi klub, manajer kelahiran Spanyol ini setuju untuk tetap tinggal.

Menurut BBC, keputusan Benitez disinyalir karena diberi kebebasan dalam menentukan skuat musim depan.

Pemilik Newcastle Mike Ashley sendiri terkenal royal dalam memberikan dana transfer pemain, meski tidak sebesar klub-klub besar yang biasa menghuni papan atas klasemen.

Di musim terakhir saja, Ashley telah menggelontorkan uang sebesar 81,2 juta pounds untuk membeli pemain. Meski kebanyakan pemain yang datang tidak bisa memberikan dampak positif.

“Hati saya mengatakan iya. Ini merupakan sebuah kesempatan, baik bagi kota dan klub Newcastle,” kata mantan pelatih kepala Real Madrid ini pada BBC Sport usai menekuk Tottenham Hotspur dilaga terakhir.

“Tapi otak saya berkata untuk menganalisa apa yang sedang terjadi,” ucap Benitez memberi petunjuk untuk tinggal kala itu.

Bukan kali ini saja Rafael Benitez melatih tim di divisi kedua. Pada awal karirnya sebagai pelatih kepala profesional, ia telah beberapa kali menangani tim-tim di kasta kedua.

Benitez pernah melatih Osasuna, Extremadura dan Tenerife di Division Segunda Liga Spanyol. Sebelumnya, ia pernah memegang Real Madrid B atau yang biasa disebut Castilla di divisi yang sama, sebelum akhirnya menjadi asisten Vicente del Bosque pada tim utama El Real.

Sepakbola.cc