Real Madrid vs Liverpool: Apa Saja Perbedaan Anfield dan Bernabeu?

19

Di Anfield berisik, di Bernabéu suasana lebih senyap. Itu kata Michael Owen, yang pernah bermain untuk kedua klub. Pemain-pemain Liverpool tidak akan mendapat intimidasi dari suasana stadion dan para penontonnya, tapi mungkin dari kualitas permainan yang disajikan tuan rumah. Owen, yang bergabung dengan Real Madrid dari Liverpool pada tahun 2004, mengatakan Bernabéu tidak akan menghasilkan tingkat kebisingan […]

Real Madrid vs Liverpool: Apa Saja Perbedaan Anfield dan Bernabeu? - berita Liga Champions Liga Inggris Liga Spanyol

Di Anfield berisik, di Bernabéu suasana lebih senyap. Itu kata Michael Owen, yang pernah bermain untuk kedua klub.

Pemain-pemain Liverpool tidak akan mendapat intimidasi dari suasana stadion dan para penontonnya, tapi mungkin dari kualitas permainan yang disajikan tuan rumah.

Owen, yang bergabung dengan Real Madrid dari Liverpool pada tahun 2004, mengatakan Bernabéu tidak akan menghasilkan tingkat kebisingan yang sama seperti yang dilakukan oleh para penonton Anfield pada malam-malam kompetisi Eropa, tetapi masih memiliki aura yang tidak sama seperti stadion lain.

“Ini adalah stadion yang luar biasa, tapi ada sedikit kesunyian yang aneh ketika Anda bermain di Bernabéu dibandingkan dengan Anfield,” kata Owen.

“Cara terbaik untuk menggambarkan itu adalah seperti sebuah gedung teater.”

“Ketika Anda bermain untuk Real Madrid itu hampir seperti Anda memberi pertunjukan. Ini adalah mentalitas yang sangat berbeda. Para pendukung membayar tiket mereka dan akan memberi tepuk tangan hormat ketika hal-hal berjalan dengan baik, atau akan muncul gelombang saputangan putih dan akan melempar benda-benda ke lapangan jika mereka tidak senang.”

“Saat itulah Anda benar-benar melihat kehadiran pendukung, yakni jika tim tidak tampil dengan baik.”

“Mereka memiliki sekitar 1.000 suporter ‘ultras’ yang duduk di sudut lapangan yang akan bising sepanjang pertandingan, tapi tidak seperti Anfield di mana seluruh Kop menyanyi sepanjang waktu pertandingan. Ini adalah jenis pengalaman yang berbeda.”

“Itu bukan untuk mengatakan bahwa itu bukan stadion yang paling menakutkan atau terbesar di dunia. Santiago Bernabeu menakutkan. Tapi rasa intimidasi muncul dari pertanyaan, apa yang akan terjadi berikutnya dalam permainan.”

“Mereka pemain Liverpool akan bertanya pada diri sendiri bagaimana mereka akan mendapatkan hasil karena ketika Anda bermain melawan Real Madrid, Anda tahu Anda tengah menghadapi beberapa pemain terbaik di dunia. Jadi bukan suasana stadion yang mereka akan khawatirkan, tapi tim lawan yang akan dikhawatirkan.”

Liverpool kalah di Anfield dua pekan lalu, namun Owen yakin jurang perbedaan antara kedua tim terlalu dibesar-besarkan.

“Kesedihan terbesar bagi saya adalah Liverpool musim lalu tidak memiliki kesempatan untuk bermain melawan Real Madrid. Jika itu terjadi maka itu akan menjadi pertandingan yang sangat berbeda,” katanya.

“Semua orang mengatakan Liverpool kalah di Anfield. Selama 25 menit pertama itu tidak terjadi, tapi perbedaan itu adalah karena Madrid memiliki beberapa para pemain kelas dunia yang mengubah permainan, dan satu pemain kelas dunia yang Liverpool miliki – Luis Suarez – sudah tidak ada di sana lagi.”

“Musim lalu beberapa sepakbola yang Liverpool mainkan adalah luar biasa dan itu semua terjadi karena Suarez mengangkat semua orang di sekitarnya dengan cara yang sama seperti Cristiano Ronaldo mengangkat permainan semua orang yang bermain dengannya.”

“Anda mengambil pemain sekaliber itu keluar dari tim manapun di dunia dan akan ada perubahan dinamika serta membuatnya tampak lebih senjang daripada kenyataan yang ada.”