Wayne Rooney menyelamatkan Manchester United di Stadion Riverside, Minggu 6/4 malam, saat Si Setan Merah tertinggal dari Middlesbrough. Pertandingan yang ditutup imbang 2-2 itu membuat MU berhasil menjaga jarak dengan peringkat dua Chelsea.

Dalam laga itu, MU sebenarnya telah memimpin lebih dulu, saat bintang Portugal Cristiano Ronaldo berhasil merobek gawang The Boro di menit ke-10.

Tetapi, dua gol Afonso Alves yang terjadi di menit ke-35 dan 56, sempat membuat Sir Alex Ferguson ketar-ketir karena kondisi berbalik dengan ketertinggalan MU 1-2 dari tuan rumah.

Gol Rooney-lah yang berhasil menyelamatkan MU dari trauma kekalahan di kandang The Boro. Pemain muda berusia 22 tahun ini menyamakan kedudukan, saat pertandingan tinggal bersisa 16 menit lagi. Skor imbang 2-2 pun bertahan hingga laga usai.

“Ini hasil yang cukup fair. Kami berhasil merebut poin penuh hari ini, meski pertandingan sangat menyulitkan. Tapi mereka tidak mendapat dukungan seramai biasanya, saat MU dan tim-tim besar lainnya datang ke sini,” tandas Ferguson.

Kini, MU tetap memimpin klasemen sementara Liga Premier dengan poin 77, terpaut tiga poin dari peringkat dua, Chelsea, yang membukukan kemenangan 2-0 di kandang Manchester City pada akhir pekan kemarin.

Sedangkan Arsenal yang masih tertahan di peringkat tiga, mengantongi poin 71, setelah tim asuhan Arsene Wenger ini berbagi satu poin dengan sesama tim peringkat atas Liga Inggris, Liverpool.

MU yang memiliki selisih gol cukup besar dengan dua tim pesaing di bawahnya, dijadualkan menjamu Arsenal pada 13 April mendatang. Selain itu, MU juga masih menyimpan pertandingan di kandang Chelsea, akhir bulan ini.

Bagi Middlesbrough sendiri, meski masih tertahan di papan tengah, kini posisinya empat peringkat dan sembilan poin di atas zona degradasi. Tampaknya, skuad asuhan Gareth Southgate itu bisa sedikit bernafas lega.

Meski kecewa dengan kekalahan ini, Southgate mengaku senang melihat penampilan Alves. “Kami sudah menunggu dia kembali pada performa aslinya. Saya tahu butuh waktu baginya untuk beradaptasi di sini, kini dia bisa tampil meyakinkan banyak orang,” ujarnya.

Alves yang direkrut The Boro pada Januari lalu dari klub Belanda, Heerenveen, memang baru mencetak gol perdananya dalam pertandingan ini. Striker Brasil itu sebelumnya kerap tampil dengan sejumlah peluang bagus, tapi belum membuahkan hasil.

Everton dekati Liverpool
Pada Minggu malam, Everton juga membukukan kemenangan 1-0 atas tamunya, tim juru kunci Derby County.

Gol semata wayang dalam laga tersebut, dibukukan oleh gelandang Inggris keturunan Turki, Leon Osman, di awal babak kedua.

Kini, dengan jumlah poin 60, tim asuhan David Moyes itu hanya terpaut tiga poin dari peringkat empat Liverpool.

Cardiff tantang The Pompey
Sementara di ajang Piala FA, Cardiff City menantang Portsmouth di final, setelah mengalahkan Barnsley dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol dalam laga ini, dibukukan Joe Ledley, saat pertandingan baru berlangsung sembilan menit.

Sebelumnya, The Pompey telah dipastikan ke final ajang bergengsi ini setelah mengalahkan West Bromwich Albion, juga dengan skor tipis 1-0.(cha)

BAGIKAN
BerikutnyaMU lamar bek Porto Bosingwa