Rosicky harus operasi lutut

4

Bintang Arsenal, Tomas Rosicky dipastikan harus menjalani operasi terkait cedera lutut yang dialaminya sejak Januari lalu. Gelandang asal Ceko itu kini diragukan bisa tampil dalam Kejuaraan Eropa 2008, yang akan berlangsung di Austria dan Swiss, Juni mendatang. Alasannya, pemain berusia 27 tahun ini kemungkinan akan menjalani operasi lebih dari satu kali. “Tomas mencoba berjogging, dia […]

Bintang Arsenal, Tomas Rosicky dipastikan harus menjalani operasi terkait cedera lutut yang dialaminya sejak Januari lalu.

Gelandang asal Ceko itu kini diragukan bisa tampil dalam Kejuaraan Eropa 2008, yang akan berlangsung di Austria dan Swiss, Juni mendatang. Alasannya, pemain berusia 27 tahun ini kemungkinan akan menjalani operasi lebih dari satu kali.

“Tomas mencoba berjogging, dia memang merasa lebih baik, tapi masih belum fit benar,” ujar dokter tim, Petr Krejci.

Ada dugaan, Rosicky mengalami kerusakan ligamen, dan Krejci tak membantah kalau Rosicky bisa saja menjalani operasi. “Tapi, akan ada dokter spesialis dari Prancis yang akan diterbangkan ke London untuk memeriksa cederanya,” tambah Krejci.

Dengan cederanya tersebut, pemain yang pernah dijuluki ‘The Little Mozart’ itu kemungkinan tak akan bermain di sisa musim ini, serta di Euro 2008. Padahal, event akbar Eropa inilah yang konon menjadi impian pemain bernomor punggung tujuh itu sejak masih kecil.

Kini, di timnas Ceko, Rosicky malah berpeluang untuk digantikan pemain veteran yang sudah menyatakan mundur dari timnas, Pavel Nedved.

“Pelatih Arsene Wenger tidak memainkan Rosicky lagi di musim ini. Memang masih ada peluang untuk dia bisa prima dan tampil di Euro, tapi peluang itu tidak besar,” tandasnya.

Arsenal mendapatkan Rosicky saat pemain kelahiran 4 Oktober 1980 ini, tampil gemilang di klub Jerman, Borussia Dortmund. Di tim The Gunners, dia mengenakan kaos tim bernomor punggung tujuh, yang sebelumnya menjadi milik bintang Prancis, Robert Pires.

Tetapi, meski telah menorehkan gol pertamanya di Premiership saat Arsenal menghadapi Wigan Athletic pada 11 Februari 2007, penyerang yang sekaligus biasa menjadi gelandang kiri ini tak terlalu tampil gemilang di musim 2006/2007. Mantan pemain Sparta Prague ini bahkan hanya mencetak tiga gol di sepanjang musim tersebut.

Di musim ini, prestasi Rosicky sedikit lebih meningkat. Meski demikian, Wenger menyebutnya sebagai ‘pemain yang tidak serius, tapi misterius’. (cha)