Roy Hodgson: Tendangan penalti Andrea Pirlo tak bisa diajarkan

25

Pahlawan Italia di adu penalti melawan Inggris adalah Andrea Pirlo. Berkat penalti indahnya, mental pemain Inggris anjlok sehingga kalah 4-2 di perempatfinal Piala Eropa 2012, Senin (25/6) dinihari WIB. Gaya Pirlo mirip dengan Francesco Totti di adu penalti melawan Belanda 12 tahun silam (Piala Eropa 2000). Dengan dingin, tenang, dan percaya diri Andre Pirlo mencongkel […]

Pahlawan Italia di adu penalti melawan Inggris adalah Andrea Pirlo. Berkat penalti indahnya, mental pemain Inggris anjlok sehingga kalah 4-2 di perempatfinal Piala Eropa 2012, Senin (25/6) dinihari WIB. Gaya Pirlo mirip dengan Francesco Totti di adu penalti melawan Belanda 12 tahun silam (Piala Eropa 2000).

Dengan dingin, tenang, dan percaya diri Andre Pirlo mencongkel bola untuk menipu Joe Hart. Bola itu melengkung pelan setinggi setengah tiang gawang, ketika Joe Hart sudah bergerak ke sisi kanan. Setelah mencetak gol, ekspresi Pirlo sangat dingin. Gaya Pirlo itu membuat mental Ashley Young, eksekutor ketiga Inggris, ciut. Dia pun gagal menjalankan tugasnya. Sebelum Pirlo melakukan eksekusi, kedudukan 2-2.

Pelatih Inggris Roy Hodgson mengatakan, tendangan Pirlo dan cara menendangnya “tidak bisa diajarkan dalam latihan” karena merupakan talenta seorang pemain. Talenta itu bukan cuma skill terhadap bola, tapi bagaimana ketahanan mental dan mengelola tekanan suasana pertandingan.

Pelatih Italia, Cesare Prandelli, yang tegang selama babak adu penalti, mengaku mulai tenang setelah tendangan Pirlo yang indah. “Dia seorang bintang. Seorang bintang tahu apa yang harus dilakukan,” puji Prandelli.

Pirlo sendiri mengatakan mencongkel bola setelah melihat Joe Hart bergerak¬† “Bagi saya mencongkel bola seperti itu sangat mudah. Apa yang aku lakukan justru menekan Inggris dan faktanya Ashley Young gagal mengeksekusi penalti,” jelas Pirlo.