Ruud Gullit : Lini Belakang Bedakan City dan Chelsea

Ruud Gullit sampaikan jika lini belakang menjadi hal yang bedakan kubu Manchester City dan Chelsea. Penjelasan yang cukup unik.

Ruud Gullit

Ruud Gullit

 

Ruud Gullit sampaikan jika lini belakang menjadi hal yang bedakan kubu Manchester City dan Chelsea. Penjelasan yang cukup unik.

Ruud Gullit memang nilai Antonio Conte lebih unggul saat ini dibandingkan dengan Pep Guardiola meski sama-sama memulai debutnya di Liga Inggris musim ini.

Gullit tak menjadikan kemenangan Chelsea atas Manchester City akhir pekan lalu sebagai acuan dalam penilainannya. Mantan pemain Chelsea itu merasa taktik yang diterapkan oleh Guardiola di Manchester City belum berjalan dengan baik meski ia yakin bahwa pelatih asal Spanyol itu akan menemukan formula yang tepat. Namun ia merasa Conte lebih cerdik karena ia lebih mementingkan kesolidan timnya terutama di lini pertahanan.

“Tentu saja apa yang membantu Conte bisa sampai di sini adalah bahwa Chelsea tidak berlaga di kompetisi Eropa,” ujar Gullit kepada BBC Sport. “Jika anda bandingkan Antonio Conte dengan pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

“Pelatih asal Spanyol itu merupakan tipe seorang pelatih yang berkutat dalam hal taktik, dia selalu melakukan hal itu sepanjang waktu. Dia terus merubah sistemnya di antara tiga atau empat pemain belakang dan dia merupakan jenis pelatih yang menempatkan para pemainnya di tiga posisi yang berbeda di tiga pertandingan yang berbeda juga, yang mana menurut saya itu terlalu banyak perubahan.

“Namun saya yakin pada akhirnya dia akan menemukan sebuah sistem dan hal-hal akan berjalan dengan baik di City, namun itu tidak bekerja saat ini, terutama di lini pertahanan mereka. Saya bisa mengerti mengapa Guardiola frustasi karena City menciptakan begitu banyak peluang di semua pertandingan yang mereka mainkan, bukan hanya di pertandingan akhir pekan lalu ketika mereka kalah dari Chelsea, dan itu terlihat tak adil ketika mereka tidak meraih kemenangan.

“Tapi sepakbola memang tak adil, sepakbola adalah tentang kemenangan, bagaimanapun cara anda melakukannya. Salah satu hal bagus tentang laju Chelsea saat ini adalah mereka melakukan cara Italia, mereka tak mudah mengalami kebobolan. Itu bukanlah sebuah keberuntungan, karena taktik yang diusung Conte dirancang untuk mengutamakan lini pertahanan dan membuat tim yang solid ketika menyerang.”

Sepakbola.cc