Salah Mohamed Salah, Liverpool Kesulitan Formasi

  • Kehadiran Mohamed Salah membuat Liverpool harus mengubah formasi. Sadio Mane harus memberi tempat kepada Salah di sayap kanan.

Mohamed Salah - Liverpool
Mohamed Salah - Liverpool

Rekor transfer telah dipecahkan oleh Liverpool ketika mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma. Namun, hal tersebut malah mengakibatkan sang manajer, Jurgen Klopp kesulitan dalam hal memilih formasi.

Seperti diketahui, posisi Salah adalah winger kanan. Yang menjadi masalah, posisi tersebut musim lalu ditempati oleh Sadio Mane yang tampil begitu baik dengan mengemas 13 gol untuk Liverpool di Liga Inggris.

Salah sendiri telah menyumbangkan 15 gol dari posisi tersebut di Serie A bersama klubnya sebelumnya, yakni AS Roma.

Menurut laporan media-media di Inggris, Jurgen Klopp telah berencana untuk menggeser Mane menjadi sayap kiri Liverpool dalam skema formasi 4-3-3.

Sementara Philippe Coutinho yang pada musim sebelumnya menempati posisi tersebut akan digeser sebagai gelandang tengah. Sedangkan posisi penyerang tengah tetap ditempati oleh Roberto Firmino.

Pastinya, dengan kehadiran Salah di Anfield Stadium, Klopp jadi memiliki lebih banyak pilihan di Liverpool.

“Secara taktik, kami menjadi lebih fleksibel. Ini tergantung siapa yang ada dan kapan. Kami juga akan mengenalkan sistem yang berbeda,” ungkap Klopp di laman situs resmi Liverpool.

“Pada musim 2015-16, kami memainkan sebagian besar pertandingan dengan formasi 4-2-3-1. Pada 2016-17 kami sering memakai formasi 4-3-3 atau 4-5-1. Kami berpendapat, itu cocok dengan pemain yang kami miliki. Saya tidak yakin ke arah mana kami harus bermain tahun depan, akan ada beberapa skenario yang berbeda,” imbuhnya.

“Yang jelas, kami akan mempersiapkan diri untuk sepak bola Eropa, jadi kami membutuhkan skuad yang lebih besar. Biasanya Anda selalu ingin mengambil langkah berikutnya untuk tahun depan. Anda harus melihat bagaimana keadaan dan saat pemain baru masuk,” pungkas Klopp.