Sian Massey, wasit bola cantik

Bola memang hampir identik dengan laki-laki. Tapi bukan berarti perempuan tidak boleh ikutan kan? Kaum hawa sejauh ini sudah terlihat di berbagai lini bola, namun kebanyakan masih di tim belakang layar, misalnya tenaga kesehatan, dokter, perawat, pemijat dan sebagainya. Sian Massey adalah salah satu figur langka di bola. Ia menjadi satu dari sedikit saja wanita […]

Liga Inggris  - Sian Massey, wasit bola cantik

Bola memang hampir identik dengan laki-laki. Tapi bukan berarti perempuan tidak boleh ikutan kan? Kaum hawa sejauh ini sudah terlihat di berbagai lini bola, namun kebanyakan masih di tim belakang layar, misalnya tenaga kesehatan, dokter, perawat, pemijat dan sebagainya.

Sian Massey adalah salah satu figur langka di bola. Ia menjadi satu dari sedikit saja wanita wasit bola. Lahir tahun 1985 di Inggris dan saat ini berusia 26 tahun, Massey resmi bertugas di laga-laga Premier League, Football League Trophy, UEFA Women’s Champions League dan laga kualifikasi FIFA Women’s World Cup. Namanya masuk dalam daftar wanita asisten wasit FIFA tahun 2010.

Selaku wanita di sebuah permainan yang lazimnya penuh laki-laki, kehadirannya mengundang kontroversi dan komentar yang aneh-aneh, termasuk dari komentator TV di pertandingan. Akibatnya ia pernah ditarik keluar, dan dibatalkan kehadirannya. Ia juga pernah tidak diturunkan setelah data memperlihatkan permintaan akses TV langsung naik pesat setelah kehadiran wasit wanita diumumkan di sebuah acara siaran langsung bola.

Liga Inggris  - Sian Massey, wasit bola cantik

Ia sudah tiga kali membantu menjadi asisten wasit di laga Premier League Inggris. Terakhir kalinya adalah tanggal 12 Februari 2012 lalu sebagai asisten wasit legendaris Howard Webb di laga Blackburn vs Aston Villa.

Di ajang internasional ia sudah terlibat di dua turnamen, yakni di Piala Dunia Wanita 2007 dan Euro Cup Wanita 2009.

Di masa depan kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi wanita wasit bola dihadirkan ke layar kaca demi rating siaran TV yang lebih tinggi daripada biasanya.