Sunderland Mengamuk, Satu Pemainnya Minta Cepat Degradasi

Berita Bola, Liga Inggris – Manajer Sunderland, David Moyes marah besar dengan perkataan Jeremain Lens yang meminta The Black Cats untuk segera turun kasta.

Berita Bola, Liga Inggris – Manajer Sunderland, David Moyes marah besar dengan perkataan Jeremain Lens yang meminta The Black Cats untuk segera turun kasta.

Jeremain Lens dianggap bertindak tidak semestinya karena meminta Sunderland tidak usah berjuang selamat dari jerat degradasi. Saat ini The Black Cats memang berada di zona merah, bersama dengan Swansea City dan Hull City.

Demi menjaga keberlangsungan di Liga Inggris, David Moyes dan anak asuhnya sudah berjuang keras meski hasilnya kadang tidak sesuai harapan. Akan tetapi perjuangan tersebut seakan tidak dihargai dan dipandang sebelah mata setelah Jeremain Lens melontarkan komentar kontroversial.

“Saya ingin tetap tinggal di Fenerbahce untuk bertahun tahun. Banyak hal akan lebih mudah jika Sunderland degradasi,” kata Jeremain Lens.

Padahal Lens sendiri masih tercatat sebagai pemain Sunderland dan hanya dipinjamkan ke Fenerbahce selama satu musim. Oleh karenanya, Moyes berjanji tidak akan pernah memainkan pemain berusia 29 tahun tersebut kapan pun itu.

Bukan hanya itu, eks pelatih Everton dan Manchester United itu pun tidak menyesal melepas Lens yang menurutnya tidak cukup baik bagi Sunderland.

“Saya rasa ucapannya sangat disayangkan tidak menghargai klub yang memegang kontraknya,” ujar Moyes. “Anda pasti akan marah jika seseorang yang mempunyai hubungan dengan klub bisa berani berkata seperti itu.”

“Saya datang ke tempat latihan (Jumat petang) dan seseorang berkata, ‘Apakah anda sudah menyaksikan ini?’ Jika dia memang berkata seperti itu, maka itu merupakan tindakan yang menjijikkan soal klub induk anda.”

“Banyak rekan-rekanya yang tetap berada di sini. Mereka berjuang tiap pekan dengan skuat seadanya agar bisa tetap berada di Liga Inggris,” tegas Moyes.

Kala ditanya apakah ada rasa maaf dan pengampunan bagi Lens, Moyes berkata: “Ketika dia hengkang (ke Fenerbahce) orang orang berkata, ‘Apa yang anda lakukan dengan membuang dia?'”

“Saya tidak tahu akan ada orang yang mau mendukung dia di klub saat ini. Jika kutipan itu tepat maka saya pikir itu akan berat untuk diucapkan.”

“Kami membayar Rp 211 miliar untuk dia dan saya tahu reputasi dia sebagai pesepakbola. Saya pikir ‘Kami mengalami kekurangan dan kami belum mendapatkan pemain berkualitas. Apakah keputusan untuk meminjamkan dia adalah hal yang tepat?”

“Tapi kemudian ada beberapa hal yang saya lihat, yang membuat saya tidak yakin soal itu. Pada akhirnya, ini lah keputusan-keputusan yang mesti diambil seorang manajer.”

“Terkadang anda dikritik. Saya membuat keputusan itu karena beranggapan Lens ingin hengkang dan kami bisa melalui musim tanpa dia. Saya pun hanya beberapa pekan bersama dia, jadi saya mengambil keputusan berdasarkan laporan orang lain.”

“Lens pun tidak bermain banyak musim lalu, jadi saya mengambil masukan dari Paul Bracewell, Robbie Stockdale dan Sam (Allardyce) juga. Saya ingin memberikan peluang kepadanya namun niatan saya dianggap lain.”

Sepakbola.cc