Swansea Berharap Liga Inggris Segera Terapkan Teknologi Video

Manajer Swansea City, Carlos Carvalhal, mulai dukung penggunaan VAR.
Manajer Swansea City, Carlos Carvalhal, mulai dukung penggunaan VAR.

Manajer Swansea City Carlos Carvalhal berharap Liga Inggris bisa segera menerapkan teknologi Video Assisten Wasit (VAR) usai timnya bermain imbang kontra Newcastle United.

Pada laga yang dilangsungkan di St James’ Park, Sabtu (13/01) malam WIB kemarin, tim tamu sempat unggul terlebih dahulu melalui Jordan Ayew di menit 60.

Sayangnya keunggulan tersebut tidak bertahan lama karena Joselu mampu menyamakan kedudukan delapan menit kemudian dan papan skor tidak berubah hingga peluit panjang.

Namun Carlos Carvalhal meradang sebab The Swans seharusnya mendapatkan penalti di babak pertama kala Mohamed Diame terlihat memblok tendangan bebas Mike van der Hoorn dengan menggunakan tangannya.

VAR sendiri baru diujicobakan di pertandingan Piala FA dan EFL Cup dalam beberapa pekan terakhir, tapi manajer asal Portugal itu berharap teknologi tersebut bisa segera diterapkan di ajang liga dalam waktu dekat.

“Sejujurnya, saya tidak bisa melihat dengan jelas [klaim penalti] saat terjadi,” ujar Carvalhal pada konferensi pers seusai laga.

“Saya tidak bisa melihat dengan jelas, tapi dengan teknologi yang kami miliki, asisten saya bisa melihat dan ia berkata bahwa seharusnya itu penalti dan kartu merah bagi Diame. Tapi wasit tidak melihatnya, jadi itu menjadi bagian dari pertandingan.”

“Biasanya tim di posisi kami mendapatkan keputusan yang tidak menguntungkan seperti ini. Saya tidak tahu kenapa.”

“Tapi saya rasa dengan adanya VAR maka itu akan menjadi sebuah penalti dan kartu merah.”

“Wasit [yang mengawasi] video bisa memberi tahu untuk menghentikan pertandingan dalam tempo 10 detik, [sehingga wasit utama bisa] kartu merah dan memberikan penalti.”

Di saat yang hampir bersamaan manajer Southampton Mauricio Pellegrino pun memiliki harapan yang sama, setelah The Saints gagal meraih kemenangan atas Watford karena Alex McCarthy menyamakan kedudukan di menit-menit akhir.

Sepakbola.cc
Insta88
RGO Casino
Uang Instan