Terbangkan Drone di Laga Liga Inggris, Satu Orang Ditangkap

6

Insiden drone di laga Euro antara Serbia vs Albania sudah menular ke tanah Inggris. Seorang pria berusia 41 tahun dari Nottingham ditangkap di tempat parkir sebuah supermarket Selasa pagi WIB karena dicurigai menerbangkan drone, atau pesawat tak berawak, di atas stadion Etihad ketika Manchester City menang 4-1 melawan Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu. Polisi menyebut, ada lebih […]

Terbangkan Drone di Laga Liga Inggris, Satu Orang Ditangkap - berita Liga Inggris Piala Eropa

Insiden drone di laga Euro antara Serbia vs Albania sudah menular ke tanah Inggris.

Seorang pria berusia 41 tahun dari Nottingham ditangkap di tempat parkir sebuah supermarket Selasa pagi WIB karena dicurigai menerbangkan drone, atau pesawat tak berawak, di atas stadion Etihad ketika Manchester City menang 4-1 melawan Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu.

Polisi menyebut, ada lebih dari 45.000 suporter hadir di pertandingan itu.

Menurut Kepolisian Metropolitan Manchester, pria itu mengeluarkan uang jaminan supaya tidak ditahan selama delapan minggu ke depan sementara polisi memiliki waktu untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Polisi merilis foto dari pesawat tak berawak yang ditangkap itu.

Sebuah pernyataan dari Kepala Inspektur Chris Hill, yang bertanggung jawab atas keamanan untuk pertandingan tersebut, mengatakan:

“Drone semacam ini bisa menimbulkan ancaman bagi keselamatan orang banyak. Bahkan drone yang kecil saja memiliki berat sampai tujuh atau delapan kilogram dan dapat menyebabkan kerusakan atau cedera jika mereka jatuh dari ketinggian.”

“Untungnya, tidak ada yang terluka. Orang mungkin melihat ini sebagai pelanggaran kecil tetapi ini merupakan pelanggaran dari Aturan Penerbangan Angkasa (ANO) yang dapat dituntut oleh otoritas penerbangan sipil.”

Orang pertama yang dihukum karena secara ilegal menerbangkan pesawat tak berawak di Inggris telah didenda sebesar Rp 15,6 juta karena menerbangkan pesawat tak berawak di atas fasilitas kapal selam nuklir.

Hukum menyatakan seseorang yang menerbangkan kendaraan udara tak berawak harus tetap dalam garis pandang kendaraan dan tidak bisa terbang di atas daerah ramai.

Terbangkan Drone di Laga Liga Inggris, Satu Orang Ditangkap - berita Liga Inggris Piala Eropa

Insiden di Etihad itu mengingatkan peristiwa baru-baru yang memicu perkelahian besar antara para pemain dan suporter Serbia dan Albania di kualifikasi Euro 2016, yang akhirnya harus diabaikan karena pertarungan.

Seseorang menerbangkan drone di atas lapangan di Serbia dengan menampilkan bendera Albania Raya yang menyinggung perasaan nasionalisme Serbia, dan ketika seorang pemain tuan rumah berusaha untuk mengambil bendera itu, perkelahian pecah.