Siapa Kapten Inggris? Ini Pilihan Southgate

6

Berita Bola – Gareth Southgate sudah resmi diangkat sebagai pelatih baru timnas Inggris. Lalu siapa yang dia pilih jadi kapten tim?

Siapa Kapten Inggris? Ini Pilihan Southgate - berita Liga Inggris

Siapa Kapten Inggris? Ini Pilihan Southgate - berita Liga Inggris

Berita Bola – Gareth Southgate sudah resmi diangkat sebagai pelatih baru timnas Inggris. Lalu siapa yang dia pilih jadi kapten timnya?

Rupanya Southgate masih mempercayai bomber Manchester United, Wayne Rooney sebagai kapten tim asuhannya. Sang pelatih memilih Rooney karena dianggap masih menjadi pemain penting di Inggris.

“Wayne Rooney adalah kapten Inggris, saya sudah mengatakan ini pada awal periode saat saya masih jadi pelatih interim,” kata Southgate seperti dilansir Soccerway.

Sebelum resmi diangkat sebagai pelatih timnas Inggris definitif, mantan pelatih Tim U-21 Inggris ini memimpin empat pertandingan dengan status sebagai manajer interim. Dalam empat laga itu, Rooney mendapat kesempatan bermain dua kali dan menjadi kapten. Ketika dia absen atau duduk di bangku cadangan, posisi kapten dipegang oleh Jordan Henderson.

Banyak pihak menduga sebelumnya jika Southgate akan memilih Jordan Henderson sebagai kapten begitu dirinya resmi ditunjuk sebagai pelatih Inggris definitif. Tapi ternyata semua dugaan itu meleset karena Southgate tetap memilih Rooney sebagai komandan di lapangan.

Meski demikian Southgate berjanji akan membuka kesempatan bagi pemain lain untuk menjadi kapten. Tapi, itu bukan berarti peran Rooney sudah tidak penting lagi. Baginya, sang pencetak gol terbanyak di timnas Inggris ini masih punya peran yang penting.

“Kami harus memberikan kesempatan untuk memimpin dengan cara yang berbeda. Rooney telah memainkan bagian penting dan dapat melakukannya lagi di masa depan. Tapi kami juga harus mengembangkan orang lain,” kata Southgate.

“Sangat penting juga untuk mengembangkan lebih banyak pemimpin. Ketika saya masih bermain, terutama pada tahun 1996, ada banyak kapten di tim yang datang dari klub mereka masing-masing. Sangat penting untuk memiliki banyak pemimpin,” tambahnya.