Zlatan Ibrahimovic dkk angkat koper

Swedia mengikuti jejak Irlandia: tersingkir dari Piala Eropa 2012. Kekalahan 3-2 melawan Inggris pada pertandingan babak penyisihan Grup D, Sabtu (16/6) dinihari menjadi tiket pulang kampung. Sementara Inggris membuka pintu untuk melaju ke babak perempatfinal. Kewajiban menang membuat Zlatan Ibrahimovic dkk bermain agresif. Mereka menggedor pertahanan Inggris melalui umpan-umpan Ibra. Peluang pertama Swedia didapat oleh […]

Swedia mengikuti jejak Irlandia: tersingkir dari Piala Eropa 2012. Kekalahan 3-2 melawan Inggris pada pertandingan babak penyisihan Grup D, Sabtu (16/6) dinihari menjadi tiket pulang kampung. Sementara Inggris membuka pintu untuk melaju ke babak perempatfinal.

Kewajiban menang membuat Zlatan Ibrahimovic dkk bermain agresif. Mereka menggedor pertahanan Inggris melalui umpan-umpan Ibra. Peluang pertama Swedia didapat oleh Larsson pada menit ke-11. Namun tendang Larsson terlalu mudah ditangkap kiper Inggris Joe Hart.

Tiga menit kemudian giliran Inggris yang mengancam gawang Swedia. Umpan silang James Milner disambut sundulan oleh Danny Welbeck. Sayangnya, tandukan Welbecck melenceng jauh dari tiang gawang.

Inggris bisa menjebol gawang lawan pada menit ke-23. Umpan cantik Steven Gerrard ke daerah penalti disambut sundulan oleh Andy Carroll ke sudut gawang yang tak mampu dihalau kiper Swedia. Skor 1-0 bertahan sampai jeda babak pertama.

Babak kedua baru berjalan empat menit. Glen Johnson melakukan kesalahan dengan membuat gol bunuh diri sehingga skor menjadi 1-1. Swedia sempat unggul 2-1 pada menit ke-59. Tendangan bebas Sebastian Larsson bisa disundul Olaf Mellberg yang tak terkawal.

Tertinggal gol, pelatih Inggris Royg Hodgson melakukan perubahan dengan menarik James Milner dan memasukkan Theo Walcott. Pilih yang tepat. Tiga menit setelah merumput, Walcott menjebol gawang Swedia melalui tendangan dari luar kotak penalti. Skor imbang 2-2.

Gol kemenangan Inggris dicetak oleh Danny Welbeck pada menit ke-78. Lagi-lagi berkat jasa Theo Walcott. Umpan silang dari jarak enam meter disambut tendangan back-heel Welbeck sehingga mengecoh kiper Swedia. Skor 3-2 untuk Inggris tak berubah sampai peluit panjang berbunyi.

Dengan kemenangan ini Inggris menempati urutan kedua klasemen Grup D dengan nilai empat, sama dengan Prancis. Sedangkan Swedia menjadi juru kunci dan tersingkir dari Euro 2012.