Zola Jelaskan Relasi Identitas Klub Dan Pemain Muda

Berita Bola – Gianfranco Zola menilai Chelsea memiliki pembinaan pemain muda yang sangat baik, namun kurang dimanfaatkan. Zola meyakini bahwa ketika sebuah klub memiliki para pemain muda yang sangat bertalenta namun mereka tidak mendapatkan menit bermain yang cukup di kompetisi maka itu akan menjadi hal yang sia-sia. Legenda Chelsea itu merasa hubungan antara identitas klub […]

gianfranco-zola

gianfranco-zola

Berita Bola – Gianfranco Zola menilai Chelsea memiliki pembinaan pemain muda yang sangat baik, namun kurang dimanfaatkan.

Zola meyakini bahwa ketika sebuah klub memiliki para pemain muda yang sangat bertalenta namun mereka tidak mendapatkan menit bermain yang cukup di kompetisi maka itu akan menjadi hal yang sia-sia.

Legenda Chelsea itu merasa hubungan antara identitas klub dengan pembinaan pemain muda merupakan hal yang penting. Ketika sebuah klub sudah memiliki filosofi dalam gaya bermain yang mereka terapkan, maka pemain muda yang mereka miliki bisa memahami apa yang harus mereka lakukan ketika diberikan kesempatan bermain.

“Chelsea memiliki sistem pembinaan pemain muda yang sangat baik, namun itu tidak berakhir sampai di sana,” ujar Zola. “Anda bisa memiliki sistem pembinaan pemain muda terbaik di dunia namun memberikan mereka waktu bermain di kompetisi adalah hal yang terpenting.”

“Bahkan bila ada seorang pemain muda yang sangat berbakat, ia bisa kesulitan memiliki waktu bermain di sebuah klub besar. Hal yang luar biasa bisa menemukan pemain muda bertalenta, misalnya seperti John Terry yang datang langsung dari akademi Chelsea dan menjadi salah satu pemain terbaik mereka.”

“Saya pikir baik Conte maupun Chelsea sedang mencoba untuk membangun sebuah filosofi, itulah yang saya percaya. Roman [Abramovich] juga sedang mencoba untuk membangun klub yang memiliki identitas. Jika anda melihat, Barcelona memiliki gaya mereka, Chelsea sekarang memiliki gaya mereka, dan hal tersebut berarti semua pemain tahu apa yang mereka lakukan. Bukan Hazard yang akan dilihat orang bermain, namun mereka akan melihat Chelsea yang bermain.”

Zola menambahkan : “Ketika filosofi gaya bermain mereka sudah diterapkan dengan baik, anda bisa mencoba memainkan pemain muda seperti [Ruben] Loftus-Cheek dan [Nathaniel] Chalobah karena mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan dan tetap pada tingkat permainan yang sama.”

Sepakbola.cc