Ini Dia Penyebab Orang Susah Tidur!

Sekarang ini makin sedikit orang yang tidur dengan teratur. Kurang tidur bisa mengundang berbagai macam masalah kesehatan. Banyak yang menduga […]

Sekarang ini makin sedikit orang yang tidur dengan teratur. Kurang tidur bisa mengundang berbagai macam masalah kesehatan. Banyak yang menduga sulit tidur disebabkan karena insomnia.

Kenyataannya tak hanya karena insomnia, ada banyak hal yang menyebabkan sulit tidur. Berikut ini ada lima hal penyebab orang sulit tidur selain insomnia, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Terlalu Banyak Makan

Ketika perut terlalu penuh dengan makanan, anda akan merasa kesulitan tidur. Ini karena lambung memerlukan waktu untuk mencerna semua makanan yang ada di dalam. Selain itu, perut yang penuh akan membuat anda kesulitan menemukan posisi nyaman untuk tidur.

2. Terlalu Banyak Minum

Ketika anda terlau banyak minum dan tidak buang air kecil sebelum tidur, kemungkinan anda tak akan bisa tidur dengan nyenyak dan mengalami masalah saat tidur. Ada dua kemungkinan yang terjadi, anda akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil atau anda akan lebih mudah merasa haus di malam hari saat tidur. Untuk itu, minumlah secukupnya, terutama sebelum tidur. Jangan minum air berlebihan, meski air putih bisa menyehatkan tubuh.

3. Kelaparan

Tak hanya terlalu banyak makan yang bisa membuat susah tidur, tetapi juga rasa lapar. Jika anda sedang berdiet dan tak cukup makan sebelum tidur, kemungkinan anda akan susah tidur nyenyak. Kelaparan juga seringkali mengganggu tidur seseorang dan membuat mereka bangun di malam hari untuk ngemil. Jika ini yang terjadi, tak hanya tidur yang terganggu, risiko terkena obesitas juga ikut meningkat.

4. Kurang Olahraga

Bagi beberapa orang, susah tidur juga bisa disebabkan oleh kurangnya olahraga. Bisa jadi penyebabnya adalah karena tubuh tidak merasa lelah sehingga tidak melihat tidur sebagai pilihan untuk dilakukan. Untuk mengatasi ini, pergilah berjalan-jalan sebentar atau melakukan jogging di rumah saat sore hari, sehingga anda bisa tidur nyenyak di malam hari.

5. Stres

Memikirkan terlalu banyak hal saat akan tidur membuat seseorang sulit terlelap. Untuk itu, sebaiknya jernikah pikiran terlebih dahulu sebelum tidur. Memikirkan masalah yang membuat stres hanya akan membuat anda terjaga semalaman. Selain itu, masalah yang dipikirkan sebelum tidur juga tak bisa diselesaikan dengan baik, karena anda tak sedang berpikir dengan jernih. Jadi sebelum tidur sebaiknya coba hilangkan dulu masalah atau stres yang tengah anda hadapi. Tidurlah dengan nyenyak, lalu pikirkan masalah itu lagi nanti setelah bangun tidur.

Sepakbola.cc