Isi Baterai Ponsel Via WiFi

  Mahasiswa teknik telah mengembangkan sebuah perangkat yang dapat mengisi baterai telepon menggunakan sinyal WiFi. Perangkat ini dapat menangkap gelombang energi dan mengubahnya menjadi arus listrik, atau disebut juga material. Dua orang mahasiswa bernama Allen Hawkes dan Alexander Katko dari Universitas Duke Pratt School of Enginering, North Carolina, Amerika Serikat, dibantu oleh seorang profesor teknik elektro dan komputer, […]

Berita  - Isi Baterai Ponsel Via WiFi

 

Mahasiswa teknik telah mengembangkan sebuah perangkat yang dapat mengisi baterai telepon menggunakan sinyal WiFi. Perangkat ini dapat menangkap gelombang energi dan mengubahnya menjadi arus listrik, atau disebut juga material.

Dua orang mahasiswa bernama Allen Hawkes dan Alexander Katko dari Universitas Duke Pratt School of Enginering, North Carolina, Amerika Serikat, dibantu oleh seorang profesor teknik elektro dan komputer, Steven Cummer, mereka menggunakan lima fiberglass dan konduktor energi kabel tembaga yang ditaruh di atas papan sirkuit untuk menciptakan susunan metamaterial.

Besar dugaan, tegangan yang dihasilkan lebih kuat dari charger USB. Material adalah sebuah struktur teknik yang mampu menampung berbagai bentuk gelombang energi. Dengan menaruh material tertentu, termasuk tembaga, fiberglass, dan juga emas dalam bentuk pola, semua bahan tersebut dapat digabungkan menjadi super material.

“Lima sel metamaterial dapat mengkonversi gelombang menjadi energi listrik sebesar 7,3 volt dengan efisiensi 36,8 persen. Sebagai perbandingan, charger USB untuk ponsel dan perangkat kecil lainnya hanya menyediakan energi listrik sekitar 5 volt,” klaim Hawkes dan Katko, seperti dikutip dari Mail Online.

Para peneliti berhasil menguji penampung energi buatannya dengan microwave, mereka berpendapat ke depannya itu dapat digunakan untuk menampung sinyal dari sumber lain seperti sinyal satelit, gelombang suara atau sinyal Wi-Fi untuk mengisi daya baterai ponsel.