Italia Belum Pernah Menang Atas Tim Ini Sejak 70 Tahun Silam

11

  Top scorer Kroasia sepanjang masa ini mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Italia 2-1 dalam perjalanan kualifikasi untuk turnamen besar pertama mereka, Euro 96. Legenda tim nasional Kroasia Davor Suker berharap kemenangan timnya di Palermo Italia tahun 1994 bisa menjadi inspirasi kemenangan kualifikasi Euro 2016 mereka. Kroasia akan menjalani laga hari Senin dinihari di San Siro untuk lanjutan kualifikasi Grup […]

 

Italia Belum Pernah Menang Atas Tim Ini Sejak 70 Tahun Silam - berita Berita Liga Italia Piala Eropa

Top scorer Kroasia sepanjang masa ini mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Italia 2-1 dalam perjalanan kualifikasi untuk turnamen besar pertama mereka, Euro 96.

Legenda tim nasional Kroasia Davor Suker berharap kemenangan timnya di Palermo Italia tahun 1994 bisa menjadi inspirasi kemenangan kualifikasi Euro 2016 mereka.

Kroasia akan menjalani laga hari Senin dinihari di San Siro untuk lanjutan kualifikasi Grup H.

Mereka berdua sama-sama meraih sembilan poin, hasil dari tiga kemenangan dari tiga. Bedanya adalah, Kroasia belum kemasukan satu gol pun.

“Saya berharap kami bisa mengejutkan Italia,” kata Suker, yang kini menjadi presiden Federasi Sepakbola Kroasia.

“Tentu saja Italia adalah favorit di kandangnya sendiri tapi kami mungkin mengejutkan mereka. Kami akan merasa bangga di stadion itu dan San Siro akan penuh, jadi saya berharap kami bisa mengulang sesuatu.”

“Mungkin satu poin juga OK, tapi itu akan menjadi besar untuk melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan di Palermo pada tahun 1994 ketika kami mengalahkan Italia 2-1.”

Gelandang Kroasia Marcelo Brozović merasa ada alasan untuk percaya diri saat mereka mempersiapkan diri untuk menantang pasukan Antonio Conte, menunjuk ke titik lemah pertahanan lawan yang dimanfaatkan timnya.

“Kami berpeluang besar melawan pemain belakang Italia yang lambat,” kata pemain berusia 22 tahun itu, yang bisa turun sebagai starter pada hari Minggu setelah beristirahat selama kekalahan laga persahabatan 2-1 vs Argentina pada pertengahan pekan.

Sementara itu, pemain Inter Mateo Kovacic, yang bermain di babak pertama melawan Argentina, berpikir Kroasia memiliki keuntungan dalam hal semangat tim dan kualitas mereka di lini tengah.

“Kami memiliki lingkungan yang lebih baik yang akan menentukan pertandingan,” kata pemain berusia 20 tahun itu.

“Kami secara teknis lebih baik di tengah dan itu akan menjadi peluang yang akan menentukan pertandingan.”

Kemenangan terakhir Italia atas Kroasia datang beberapa bulan sebelum negara itu memasuki Perang Dunia II, yakni ketika pasukan Vittorio Pozzo keluar sebagai pemenang partai 4-0 di Stadion Luigi Ferraris Genoa di April 1942.

Dalam enam pertemuan mereka sejak saat itu, Kroasia menang tiga kali dan seri tiga kali melawan Italia.