10 Klub Tukang Belanja Terbesar, Bukan Real Madrid No 1

Ada kejutan dalam daftar klub tukang belanja terbesar musim panas 2017 ini. Satu tim Liga Italia dan satu tim Liga Inggris ada di dua teratas

Kyle Walker - Alexis Sanchez - Leonardo Bonucci
Kyle Walker - Alexis Sanchez - Leonardo Bonucci

Manchester United saat ini memegang rekor transfer paling mahal dari jendela transfer musim panas sejauh ini, tapi mereka bukan klub yang paling boros menghabiskan uang.

Raksasa Liga Italia, AC Milan, telah tampil sebagai tukang belanja terbesar setelah menghabiskan 189,5 juta Euro (Rp 2,89 Trilyun). Klub Serie A itu sudah membeli sembilan pemain, termasuk Leonardo Bonucci dari juara Serie A Juventus seharga 42 juta Euro (Rp 642 Milyar).

Pembelanja kedua terbesar sejauh ini adalah klub Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola. Kesepakatan mereka sebesar 51 juta Euro (Rp 780 Milyar) untuk Kyle Walker pada hari Jumat membuatnya menjadi bek paling mahal dalam sejarah, menghabiskan pengeluaran mereka sampai 153 juta Euro (Rp 2,34 Trilyun) sejauh ini.

Pesaing sekota The Citizens, Manchester United, duduk di tempat ketiga setelah menghabiskan 119,7 juta Euro (Rp 1,83 Trilyun) untuk Victor Lindelof dan Romelu Lukaku, dengan yang terakhir ini merupakan rekor transfer paling mahal musim ini, setelah bergabung dengan The Red Devils untuk nilai sebesar 84,7 juta Euro (Rp 1,29 Trilyun).

Raksasa Inggris diikuti oleh Bayern Munchen, yang merupakan klub keempat yang telah menghabiskan lebih dari angka 100 juta Euro (Rp 1,52 Trilyun) di jendela transfer ini.

Kesepakatan klub Bavaria terbesar adalah mendatangkan Corentin Tolisso sebesar 41,5 juta Euro (Rp 634,7 Milyar) dari Olympique Lyon. Sementara itu pinjaman dua tahun James Rodriguez dari Real Madrid dipandang sebagai salah satu aksi transfer paling mengejutkan di jendela kali ini.

Everton mengikuti posisi kelima dengan € 98 juta (Rp 1,49 Trilyun), di depan AS Roma, yang telah menghabiskan € 77,95 juta (Rp 1,19 Trilyun) sejauh ini, dan Chelsea dengan € 75 juta (Rp 1,14 Trilyun).

Juventus (€ 53,5 juta, Rp 818 Milyar), Arsenal (€ 53 juta, Rp 810 Milyar) dan AS Monaco (€ 51 juta, Rp 780 Milyar) melengkapi daftar 10 besar klub pembelanja terboros di muka bumi.

Menariknya, tidak ada satu pun tim asal La Liga Spanyol di antara 10 klub yang memiliki pengeluaran tertinggi di jendela transfer musim panas sejauh ini. Tanya, kenapa?

Sepakbola.cc