5 Pengganti Gianluigi Donnarumma di AC Milan

  • AC Milan langsung melakukan perburuan lima calon kiper baru setelah Gianluigi Donnarumma menolak memperpanjang kontraknya.

Gianluigi Donnarumma - AC Milan
Gianluigi Donnarumma - AC Milan

Berita Transfer – Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma di luar dugaan telah memutuskan untuk menolak memperpanjang kontrak bersama AC Milan. Alhasil manajemen I Rossoneri dikabarkan langsung mulai mencari pengganti Donnarumma.

Durasi kontrak dari kiper asal Italia tersebut bakal berakhir pada 30 Juni 2018. Tak ingin kehilangan salah satu aset berharganya itu, manajemen Milan mencoba menawarkan Gianluigi Donnarumma kontrak baru.

Milan telah siap memberikan Donnarumma kontrak hingga lima musim ke depan, dan gaji yang mencapai 4 juta euro atau sekitar Rp 59 miliar per tahun. Nilai tersebut terbilang cukup besar untuk pemain baru berusia 18 tahun.

Akan tetapi, Donnarumma terus-menerus​ menunda untuk membubuhkan tanda tangannya di kontrak baru yang ditawarkan AC Milan. Hingga akhirnya, melalui sang agen, Mino Raiola, Donnarumma memilih tak mau memperpanjang kontrak bersama Milan.

“Agen Donnarumma, Mino Raiola, memberi tahu kami jika sang kiper telah membuat keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama AC Milan. Keputusan tersebut diambil langsung oleh Donnarumma sendiri,” kata CEO AC Milan, Marco Fassone.

“Saya ingin mengingatkan, 10 hari lalu, AC Milan melalui direktur Massimiliano Mirabelli telah menawarkan proposal penting untuk sang pemain. Bahkan, tawaran itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah AC Milan,” sambung Fassone.

Keputusan Gianluigi Donnarumma tersebut telah membuat AC Milan harus segera menemukan sosok pengganti yang cocok. Sebab, Donnarumma telah tampil impresif pada musim lalu. Dia berhasil mencatatkan 12 kali clean sheet dari 41 laga bersama Milan.

Berikut ini adalah 5 penjaga gawang calon pengganti Gianluigi Donnarumma di AC Milan:

Neto

Kiper kedua Juventus ini lebih sering menghangatkan bangku cadangan membuat Neto berniat angkat kaki dari Juventus. Dan AC Milan pun dikabarkan Calciomercato siap menampung penjaga gawang asal Brasil tersebut pada musim panas tahun ini.

Akan tetapi, upaya Milan untuk meminang Neto dari Juve tidak akan mudah. Selain diincar Watford, Valencia, dan Napoli, manajemen I Bianconeri hanya akan melepas Neto dengan banderol yang mencapai 10 juta euro atau sekitar Rp 148 miliar.

Jika berhasil mendapatkan jasa Neto, AC Milan bakal mengamankan servis salah satu kiper berkualitas di Serie A. Sebab, dari 22 laga yang sudah dijalani bersama Juventus pada musim lalu, Neto sukses mencatatkan 13 clean sheet dan hanya kebobolan 15 gol.

Wojciech Szczesny

Kiper timnas Polandia ini telah tampil gemilang bersama AS Roma. Di mana, selama dua musim berseragam Roma, Szczesny telah berhasil mencatatkan 23 kali clean sheet dan kebobolan 95 gol dari 81 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Atas performa apik tersebut telah membuat kubj AC Milan berniat untuk memboyong Wojciech Szczesny ke San Siro. Namun, upaya I Rossoneri mendapatkan servis Szczesny yang telah kembali ke Arsenal tidak akan gampang.

Pasalnya, Juventus juga tertarik sekali ingin menebus Wojciech Szczesny dari The Gunners pada bursa transfer musim panas tahun ini. Bahkan, I Bianconeri telah mencapai kesepakatan personal dengan kiper yang sudah berusia 27 tahun tersebut.

Mattia Perin

Meski hanya memperkuat klub kecil seperti Genoa, Mattia Perin sejatinya bermain apik saat menghuni pos di bawah mistar gawang. Di mana, lada musim lalu, Perin telah mencatatkan tujuh clean sheet dan kebobolan 19 gol dari 16 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

AC Milan pun berencana untuk menggaet Perin jika Gianluigi Donnarumma hengkang pada musim panas tahun ini. Selain itu, Milan telah memiliki hubungan baik dengan Genoa dan membuat peluang Milan mendapatkan jasa kiper asal Italia tersebut cukup besar.

Namun sayangnya, performa Mattia Perin kerap dihantam badai cedera. Dia tercatat telah dua kali mengalami cedera parah pada ligamen. Akibat cedera tersebut, Perin harus menepi selama 302 hari.

Bernd Leno

Sejak berseragam Bayer Leverkusen pada Mei 2011, Leno langsung menjadi kiper utama di Bayer Leverkusen. Dia pun berhasil mencatatkan 88 clean sheet dan kebobolan 329 kali dari 266 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Seperti dilansir Calciomercato, AC Milan mulai berencana untuk memboyong Leno ke San Siro. Namun, kubu Leverkusen pastinya tidak akan begitu saja membiarkan kiper yang berusia 25 tahun tersebut hengkang ke klub lain.

Alessandro Plizzari

Bukan hanya Gianluigi Donnarumma, AC Milan juga memiliki kiper muda yang berkualitas lainnya, yakni Alessandro Plizzari. Di mana, di usianya yang masih berusia 17 tahun, Plizzari mampu menjadi sosok andalan timnas Italia di bawah mistar gawang dalam ajang Piala Dunia U-20.

Meski gagal mempersembahkan titel juara, Plizzari sukses membawa Italia mengamankan peringkat ketiga. Dua penyelamatan gemilang Plizzari telab berhasil membawa Azzurrini menang 4-1 atas Uruguay dalam drama adu penalti, perebutan tempat ketiga.

Jika nantinya diberi kesempatan di Milan, bukan tak mungkin Alessandro Plizzari akan mampu menjadi pengganti Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang AC Milan. Apalagi, Plizzari dianggap memiliki refleks yang bagus dalam hal membaca arah bola.