Spalletti Ungkap Rahasia Perubahan Edin Dzeko

  • Pelatih AS Roma, Luciano Spalletti, mengungkapkan rahasia penyebab moncernya keran gol Edin Dzeko bagi mereka musim ini.

edin-dzeko

Liga Italia  - Spalletti Ungkap Rahasia Perubahan Edin Dzeko

 

Pelatih AS Roma, Luciano Spalletti, mengungkapkan rahasia penyebab moncernya keran gol Edin Dzeko bagi mereka musim ini.

Dzeko didatangkan Roma dari Manchester City di musim panas tahun 2015 dengan biaya transfer mencapai € 11 juta. Musim pertama Dzeko di Liga Italia bersama AS Roma tidak berjalan baik, ia hanya mencetak 10 gol dari 39 penampilan di semua kompetisi. Hal tersebut membuat dirinya mendapat cemoohan dari suporter sendiri dan memunculkan rumor bahwa ia akan hengkang di akhir musim.

Namun pada akhirnya Dzeko tetap bertahan di Olimpico dan berhasil menunjukkan kemampuan dirinya dengan mencetak 12 gol dari 16 pertandingang bagi Roma di semua kompetisi musim ini. Spalletti sendiri memberikan sedikit rahasia perubahan Dzeko dibandingkan musim lalu.

“Saya tidak menghidupkan kembali siapapun,” ujar Spalletti dalam wawancara dengan situs resmi EUFA. “Dia selalu menjadi pemain yang bisa membuat perbedaan. Saya pikir perbedaannya adalah bahwa Edin [Dzeko] saat ini lebih merasa seperti di rumah sendiri.”

“Para fans Roma baru-baru ini mulai menghargai dirinya karena dia telah membuat langkap pertama. Langkah pertama Edin adalah saat memberitahu saya ‘Bos, saya ingin tinggal di Roma, saya ingin menunjukkan kemampuan saya’.”

“Itu adalah jawaban yang ingin saya dengar, saya memang mengharapkan hal itu karena tidak ada pemain sepertinya di bursa transfer, kami tidak bisa menggantinya dengan seorang pemain yang berkualitas sama. Prioritas pertama saya adalah memulihkan kembali pemain ini.”

“Saya tidak membantunya tahu lalu, karena ada satu waktu di mana saya menggantikannya dengan [Fancesco] Totti ketika ia tidak bermain dengan baik. Dia ditarik keluar lapangan dengan siulan pada dirinya, sementara Francesco datang dengan sorak sorai dari penonton. Itu adalah kesalahan besar yang saya lakukan dan saya kemudian menyadarinya.”

“Tahun ini saya tidak melakukan hal itu, saya mengatakan kepada diri saya sendiri bahwa itu merupakan sesuatu yang tidak perlu saya lakukan bahkan jika itu akan membawa hasil. Kami telah mengurangi keraguan di sekitarnya, dalam arti bahwa tidak ada lagi konflik ketika Totti atau Dzeko yang bermain.”

“Itu karena selama pra-musim tahun ini saya sering memainkan mereka bersama dan Totti memberikan assist yang hebat pada Dzeko. Kemudia ketika saya memainkan mereka bersama saat melawan Sampdoria, kami berhasil merubah permainan.”