Berita Bola - Euro 2012: Ini dia benda yang bikin Kroasia terancam dicoret -

Gara-gara benda ini Kroasia mungkin diancam dicoret.

Saat ini Kroasia menduduki posisi dua klasemen Grup C di bawah Spanyol dengan poin 4. Peluang lolos ke perempatfinal sangatlah besar. Namun kini hanya gara-gara sebuah benda salah, tim dengan seragam unik ini terancam dicoret keikutsertaannya di Euro 2012 atau ancaman pengurangan poin di klasifikasi Euro 2016 seperti yang diderita tim Rusia.

Benda itu adalah sepotong pisang warna kuning yang dilemparkan fans Kroasia saat laga vs Italia yang berakhir 1-1 di Poznan, Kamis malam atau Jumat dinihari WIB. Diduga ditujukan kepada striker Mario Balotelli yang bermain untuk tim Azzuri.

Balotelli sendiri sudah mengancam akan meninggalkan lapangan pertandingan jika ada fans yang meneriakinya dengan sebutan, “Monyet!” atau meneriakkan suara teriakan monyet, dan bahkan berjanji membunuh fans yang melemparinya dengan pisang.

Di laga itu Balotelli ditarik agak awal di babak kedua ketika serangan-serangan rasis dari fans Kroasia semakin tajam dan sering.

UEFA sudah sejak lama dikritik karena mendiamkan sikap suporter yang rasis terhadap para pemain berkulit hitam, utamanya yang berasal dari Perancis, Italia, Inggris, dan Ceko, untuk menyebut beberapa tim yang memiliki pemain berkulit hitam.

Kali ini mungkin kita akan melihat badan sepakbola Eropa itu bertindak cukup keras. Dan yang akan jadi korban pertama adalah Kroasia, yang kebetulan bermain cukup bagus dan mengejutkan, dan sejauh ini bisa memiliki poin di atas favorit Italia.

Sidang UEFA soal fans yang rasis ini akan diadakan Selasa ini, dan bentuk hukumannya bisa berupa pengurangan poin atau bahkan pengusiran dari ajang putaran final Euro 2012. Apa pun itu bentuk hukuman akan merugikan timnas Kroasia sendiri. Kita tunggu saja Selasa nanti!

Berita Bola - Euro 2012: Ini dia benda yang bikin Kroasia terancam dicoret -