Home Liga Italia
                       

Liga Italia

Berita | Jadwal | Hasil | Klasemen

Terbaru

Informasi Umum

Serie A merupakan kompetisi sepak bola dengan kasta tertinggi di Liga Italia. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1898, liga ini awalnya dikenal dengan nama Prima Categoria, kalai di Indonesiakan mungkin artinya kumpulan klub Kategori Terbaik yah. Lalu pada tahun 1929, liga ini dirubah namanya menjadi Serie A oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Di era sepak bola modern, Serie A telah melahirkan legenda-legenda seperti Gianni Rivera, Paolo Maldini, dan Francesco Totti. Kompetisi ini mencapai puncak kejayaaannya di era tahun 1990-an dan sangat populer di antara penggemar sepak bola di tanah air kita, jauh lebih populer dari kompetisi Eropa lainnya.

Liga Italia telah mengalami transformasi sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1898. Awalnya, turnamen ini hanya diikuti oleh beberapa tim dari kota-kota besar di Italia dengan format kompetisi penuh.

Namun seiring berjalannya waktu, format ini berkembang menjadi sebuah kompetisi liga yang total diikuti oleh 20 klub dan juga menggunakan sistem promosi dan degradasi di setiap akhir musimnya.

Berikut adalah daftar 10 tim Serie A yang paling sering meraih gelar juara liga sepanjang sejarah:

  • Juventus - Dikenal sebagai rajanya Serie A, Juventus telah meraih gelar juara sebanyak 36 kali, menempatkannya sebagai klub dengan jumlah gelar terbanyak dalam sejarah liga. Tapi karena dominasi Si Nyonya Tua ini, liga ini mulai terasa membosankan, hingga akhir-akhir ini tampaknya mulai ada keseimbangan dengan klub lainnya. Semua karena masalah kesenjangan keuangan pastinya.
  • AC Milan - AC Milan adalah pesaing utama Juventus dengan 19 gelar juara Serie A, dan merupakan salah satu klub terpopuler di Indonesia pada eran 90-an.
  • Inter Milan - Bersaing ketat dengan AC Milan, Inter telah meraih 19 gelar juara, membuatnya sebagai salah satu kekuatan utama di Serie A. Penguasaha Indonesia Erick Thohir pernah menguasai saham klub ini, meski tak lama.
  • Genoa - Klub tertua di Italia ini telah memenangkan 9 gelar juara, meskipun prestasi terakhirnya terjadi pada 1924, lalu menghilang.
  • Torino - Dengan 7 gelar juara, Torino adalah salah satu kekuatan historis Serie A.
  • AS Roma - Giallorossi telah meraih 3 gelar juara, beberapa kali dalam beberapa musim terakhir menjadi salah satu penantang gelar juara di Serie A. Pelatih terakhir yang berhasil memberikan trofi bagi Serigala Roma adalah The SPecial One, jose Mourinho, hingga akhirnya dipecat karena di musim 2023-2024 prestasi timnya merosot.
  • Lazio - Klub ibukota Italia ini telah mengoleksi 2 gelar juara Serie A dalam lemari trofi mereka.
  • Fiorentina - La Viola memiliki 2 gelar juara di bawah ikon-ikon seperti Roberto Baggio, seorang pemain sepak bola yang namanya sangat populer di kalangan emak-emak Indonesia di era 90-an, bukan karena kehebatan bermain di lapangan tapi karena ketampanannya. Begitulah emak-emak.
  • Napoli - Dikenal karena gaya serangan menyerang mereka, Napoli telah meraih 3 gelar juara Serie A.
  • Bologna - Dengan 1 gelar juara, Bologna mengakhiri daftar 10 besar klub Serie A dengan jumlah gelar terbanyak sepanjang sejarah.

Salah satu momen paling ikonik di Liga Italia adalah pertandingan Derby della Madonnina antara AC Milan dan Inter Milan pada tahun 2005. Pertandingan ini dikenal dengan sebutan Derby of the Ages karena pertarungan sengit di lapangan. Momen terbaik dari pertandingan ini adalah ketika Hernan Crespo mencetak gol kemenangan untuk AC Milan di menit-menit akhir pertandingan dan memberikan Rossoneri kemenangan dramatis 1-0 atas rival sekota mereka.

Tidak hanya itu, momen terbaik Serie A juga pernah dicatatkan Juventus yang mendominasi kompetisi dengan memenangkan gelar berturut-turut. Salah satu momen penting adalah ketika Juventus meraih Scudetto ke-30 mereka pada musim 2013-2014 di bawah asuhan Antonio Conte. Keberhasilan mereka menandai dominasi klub tersebut yang membuat kompetisi Serie A mulai membosankan, karena yang menang ya Juve melulu.

Selain klub, beberapa individu yang menginspirasi seperti Francesco Totti dari AS Roma atau Paolo Maldini dari AC Milan, juga telah memberikan kontribusi besar bagi klub mereka dan menjadi ikon dalam sejarah Serie A.