Gebuk Fiorentina, Napoli Juara Coppa Italia 2013/2014

20

  Napoli akhirnya menjuarai Coppa Italia 2013/14 usai menghajar Fiorentina dengan skor 3-1 dalam partai final di Olimpico, Minggu (04/5). Lorenzo Insigne mejadi bintang di laga ini dengan torehan dua golnya. Gelar tersebut merupakan gelar juara Coppa Italia kelima sepanjang sejarah klub. Laga final tadi malam sempat ditunda hingga 40 menit akibat ulah suporter. Fans Napoli sempat memboikot akibat rumor adanya kerusuhan yang […]

Liga Italia  - Gebuk Fiorentina, Napoli Juara Coppa Italia 2013/2014

 

Napoli akhirnya menjuarai Coppa Italia 2013/14 usai menghajar Fiorentina dengan skor 3-1 dalam partai final di Olimpico, Minggu (04/5). Lorenzo Insigne mejadi bintang di laga ini dengan torehan dua golnya. Gelar tersebut merupakan gelar juara Coppa Italia kelima sepanjang sejarah klub.

Laga final tadi malam sempat ditunda hingga 40 menit akibat ulah suporter. Fans Napoli sempat memboikot akibat rumor adanya kerusuhan yang menewaskan suporter Napoli.

Unggul dua gol melalui brace penyerang muda Azzurri Lorenzo Insigne di menit 11 dan 17, lalu sempat kebobolan oleh Juan Manuel Vargas menit 28, Napoli berjaya berkat gol penutup pemain pengganti Dries Mertens di penghujung laga. Diwarnai comeback striker Fiorentina dan Italia Giuseppe Rossi serta kartu merah gelandang Napoli Gokhan Inler pada babak kedua, Minggu (04/5), Napoli finis sebagai yang terbaik.

Napoli mengambil inisitafif terlebih dahulu di awal laga. Napoli akhirnya benar-benar mencetak gol pertamanya di menit ke-11. Berawal dari sebuah skema serangan balik, kerjasama apik antara Insigne dan Hamsik berhasil diselesaikan dengan tendangan ke tiang jauh oleh Insigne. Skor 1-0 untuk Napoli.

Hanya enam menit berselang, memanfaatkan kesalahan Vargas, Gonzalo Higuain bisa menguasai bola, lalu melepas assist yang berbuah gol kedua Insigne melalui tendangan keras kari kirinya. Meski sempat mengenai tubuh Tomovic namun bola tetap meluncur ke gawang Fiorentina.

Pada menit 28, Vargas membayar kesalahannya dengan meneruskan operan manis Josip Ilicic untuk menipiskan selisih skor jadi 1-2. Menerima umpan dari Ilicic, Juan Vargas yang berhasil lolos dari kawalan para pemain Napoli berhasil menceploskan bol ke gawang Pepe Reina.

Fiorentina membobol gawang Pepe Reina sesaat sebelum jeda, tapi gol itu dianulir karena Alberto Aquilani sudah terlebih dahulu terperangkapoffside . Kedudukan 1-2 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Fiorentina yang terus berada dalam tekanan sepanjang babak pertama menunjukkan perbaikan permainan.  Pasukan Rafael Benitez terpaksa bermain dengan sepuluh orang sejak Inler mendapat kartu kuning kedua di menit 79, Fiorentina masih tetap kesulitan menembus.

Bukannya berhasil mencetak gol penyeimbang, Fiorentina justru kembali tertinggal di masa injury time babak kedua. Umpan manis dari Callejon berhasil diselesaikan dengan baik oleh Dries Mertens untuk mengunci kemenangan Napoli. Hingga pertandingan usai, skor 1-3 tetap bertahan. Napoli pun berhak atas gelar juara Coppa Italia musim 2014.

Fiorentina (4-3-3): Neto; Pasqual (M Fernandez 56, kuning 65), Savic, Rodriguez, Tomovic (kuning 47); Valero (kuning 9), Pizarro, Aquilani (Matri 83); Vargas, Ilicic (kuning 40), Joaquin (Rossi 72).

Napoli (4-2-3-1): Reina (kuning 81); Ghoulam, Albiol (kuning 36), F Fernandez, Henrique; Jorginho, Inler (kuning 49, merah 79); Insigne (kuning 76) (Behrami 81), Hamsik (Mertens 64), Callejon; Higuain (Pandev 71)