Giorgio Chiellini Borong Tiga Gol vs Azerbaijan

Giorgio Chiellini mencetak dua gol untuk Italia dan satu gol bunuh diri untuk Azerbaijan dalam kemenangan 2-1 di kualifikasi Euro 2016 Sabtu dinihari dengan Azzurri tetap tampil sempurna di bawah pelatih baru Antonio Conte. Azerbaijan menyelesaikan laga dengan 10 pemain saja dan Italia sempat mengalami kesulitan menciptakan peluang sampai Chiellini memanfaatkan kesalahan oleh kiper lawan untuk membuat Azzurri memimpin 1-0 di […]

Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2016 11/10/2014

Giorgio Chiellini mencetak dua gol untuk Italia dan satu gol bunuh diri untuk Azerbaijan dalam kemenangan 2-1 di kualifikasi Euro 2016 Sabtu dinihari dengan Azzurri tetap tampil sempurna di bawah pelatih baru Antonio Conte.

Azerbaijan menyelesaikan laga dengan 10 pemain saja dan Italia sempat mengalami kesulitan menciptakan peluang sampai Chiellini memanfaatkan kesalahan oleh kiper lawan untuk membuat Azzurri memimpin 1-0 di menit ke-44.

Chiellini kemudian mencetak gol ke gawangnya sendiri di menit 76 ketika ia berusaha untuk mempertahankan sebuah sepak pojok tapi ia berhasil membalas kesalahannya pada menit 82.

“Baik dan buruknya saya semua yang melakukan,” kata Chiellini, korban gigitan Luis Suarez di Piala Dunia. “Tapi yang penting adalah kami menang.”

Kroasia, yang menang 1-0 di Bulgaria, memimpin Grup H bersama Italia dengan enam poin masing-masing.

Bulgaria dan Norwegia, yang menang 3-0 di Malta, berada di urutan berikutnya dengan tiga poin masing-masing, sementara Azerbaijan dan Malta di dasar klasemen dengan nilai nol.

Dua urutan teratas dari sembilan grup akan lolos otomatis. Tim urutan ketiga klasemen yang memiliki poin terbaik juga memenuhi syarat lolos secara otomatis, dan delapan lainnya bisa lolos melalui playoff.

Di Bulgaria, Nikolay Bodurov mencetak gol bunuh diri untuk Kroasia di menit 36.

Norwegia mendapat dua gol dari pemain depan Blackburn Joshua King, menambahkan satu skor pembuka dari Mats Moller Daehli.

Italia mengalahkan Norwegia di laga perdana kualifikasi dan juga berhasil menang atas Belanda dalam sebuah pertandingan persahabatan guna mencatatkan rekor tak terkalahkan pelatih Antonio Conte.

Mantan manajer Juventus itu masih belum kunjung memanggil masuk Mario Balotelli, dan untuk sementara ini Ciro Immobile dan Simone Zaza berpenampilan baik dalam dua laga pembuka, kali ini mereka berjuang untuk bisa memberi kesan bagus.

“Hampir tidak ada yang bisa saya kritik perihal para pemain,” kata Conte. “Azerbaijan datang ke sini tidak untuk bermain, tapi berharap keberuntungan dari beberapa peluang bola mati.”

Di stadion Renzo Barbera Palermo, Italia memegang kendali sejak awal tapi lumpuh oleh tekanan defensif yang terus menerus dilancarkan terhadap maestro lini tengah Andrea Pirlo, yang membuat penampilan kembali ke tim nasional untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia.

Pada satu titik, Conte memerintahkan Pirlo untuk bertukar posisi dengan bek tengah Andrea Ranocchia untuk guna memecahkan sumbatan.

Tapi Pirlo masih tampak frustrasi, terbukti ketika ia sukses memperoleh satu lambaian kartu kuning untuk cegatan Rauf Aliyev di menit 33.

Peluang terbaik Italia di menit-menit awal berada di bola-bolamati, seperti ketika Pirlo memberi umpan matang untuk sundulan Ranocchia yang terlalu tinggi di menit 37.

Azerbaijan tidak menghasilkan satu tembakan pun sampai menit 40 ketika Rufat Dadasov meluncurkan satu spekulasi dari jarak 40 meter yang terbang sekitar 10 meter di atas target.

Empat menit kemudian, kiper Kamran Agayev berusaha meninju keluar satu bola hasil tendangan sudut namun Chiellini  mempertaruhkan wajahnya mengarahkan bola menuju ke gawang yang kosong. 1-0!

Zaza hampir mencetak gol spektakuler di menit 47. Mencoba satu tendangan terbalik membelakangi gawang lawan, namun sayang terlalu melebar.

Azerbaijan sama sekali tidak memberikan ancaman sampai satu tendangan sudut di 76. Ketika mencoba untuk menganulir Rauf Aliyev dekat tiang jauh, Chiellini mengarahkan bola ke gawangnya sendiri. Bola menyentuh kiper Gianluigi Buffon meskipun sudah melewati batas garis gawang pada saat itu. 1-1!

Pemain pengganti Sebastian Giovinco menciptakan kesempatan dengan satu umpan silang dari sisi kanan yang disundul Chiellini menuju ke tiang dekat dari tepi kotak penalti.

Giovinco kemudian hampir membuat skor berubah jadi 3-1 dengan satu tembakan panjang yang membentur mistar gawang pada perpanjangan waktu.

Pada hari Senin, Italia akan membuat perjalanan singkat untuk mengunjungi Malta, Azerbaijan bermain di Kroasia dan Norwegia menjamu Bulgaria.

Sepakbola.cc