Hasil Real Madrid vs Barcelona : Begini Alasan Benitez Atas Kekalahan Los Blancos

Real Madrid dibantai Barcelona 0-4 dalam lanjutan La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Minggu (22/11/2015) dinihari WIB. Apa kata pelatih Rafael Benitez atas kekalahan memalukan itu?

Real Madrid dibantai Barcelona 0-4 dalam lanjutan La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Minggu (22/11/2015) dinihari WIB. Apa kata pelatih Rafael Benitez atas kekalahan memalukan itu?

Benitez mengakui ada kesalahan dalam penerapan strategi. Dalam laga ini, Benitez sebenarnya menurunkan skuad terbaik yang dimiliki Madrid. Di depan dia memainkan trio BBC (Karim Benzema-Gareth Bale-Cristiano Ronaldo), plus James Rodriguez. Keempatnya ditopang oleh Luka Modric dan Toni Kroos sebagai gelandang.

“Jika melihatnya setelah pertandingan berakhir, jelas itu (strategi) tidak berjalan dengan baik,” ujarnya seperti dilansir Marca.

Strategi yang menurut Benitez tidak berjalan dengan baik adalah dalam hal penempatan Kroos dan Modric. Kedua yang bukan tipikal gelandang bertahan murni itu diplot Benitez naik sampai ke depan kotak penalti lawan. Tujuannya adalah untuk memotong sesegera mungkin aliran bola Barcelona sejak masih di lini pertahanan mereka.

Tapi dalam prakteknya di laga tadi, strategi itu tak berjalan dengan baik. Alih-alih memotong aliran bola Barca, lini tengah Madrid malah kosong melompong karena ditinggal Kroos dan Modric. Akibatnya kapten Barcelona, Andres Iniesta, dengan leluasa mengalirkan operan. Pemain-pemain cepat seperti Neymar dan Sergi Roberto juga ikut leluasa menggiring bola dari lini kedua.

“Kami ingin merebut bola secepat mungkin di sepertiga akhir lapangan dan mencoba mendominasi penguasaan bola, tapi kami gagal menerapkannya,” kata Benitez.

Sebagai pelatih, Benitez mengaku bertanggung jawab atas kekalahan tersebut. Namun, menurutnya, kesalahan bukan hanya ada pada dirinya saja. Dia juga meminta semua pihak untuk tidak saling menyalahkan

“Saya berusaha sebaik mungkin menangani tim saya. Dalam hal ini, para pemain juga punya kualitas cukup bagus untuk tampil lebih baik dari ini. Pada akhirnya, kami semua bertanggung jawab. Kami harus mencari solusi sebagai sebuah tim dan memberikan kegembiraan kepada fans,” ungkap Benitez.

“Kami membuat kesalahan-kesalahan dan membayarnya pada tim yang punya kualitas bagus. Kami sering kehilangan bola melawan mereka. Yang terpenting sekarang, kami semua memperbaiki diri sebagai sebuah tim dan tidak saling menyalahkan,” tambahnya.

Sepakbola.cc